Menu
Sign in
@ Contact
Search

Media Tak Boleh Keliru Membentuk Tokoh Idola

Kamis, 7 Februari 2013 | 10:54 WIB
Oleh Novy Lumanauw (redaksi@investor.id)

JAKARTA – Menko Polhukam Djoko Suyanto mengingatkan media massa yang memiliki kekuatan dan kekuasaan yang luar biasa menggiring opini publik agar tidak keliru membentuk para pahlawan dan tokoh idola. Dia mengingatkan agar kalangan media massa agar memanfaatkan kekuatan dan kebebasan pers secara bertanggung jawab.

“Media harus cermat dan tidak boleh keliru membentuk pahlawan-pahlawan dan tokoh-tokoh idolanya. Jangan sampai orang-orang yang sebenarnya bermasalah dengan hukum dapat tampil dalam pemberitaan laksana pahlawan,” kata Djoko pada acara “Indonesia Mencari Pemimpin” dalam rangka Peluncuran BeritaSatu News Channel, Wajah Baru HU Suara Pembaruan, dan Lembaga Riset Pusat Data Bersatu (PDB) di Jakarta, Rabu (6/2).

Acara yang digelar BeritaSatu Media Holding, juga dihadiri Ketua DPR RI Marzuki Alie, Ketua DPD RI Irman Gusman, Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan, dan mantan Panglima TNI Endriatono Sutarto. Djoko mencontohkan salah satu kekuasaan media terlihat pada skandal penyadapan telepon oleh harian News of the World, yang diterbitkan Grup Konglomerat News International milik Rupert Murdoch.

Djoko secara eksplisit menyatakan bahwa hal yang membahayakan apabila kekuatan media massa telah terfragmentasi dalam berbagai kubu kepentingan, sehingga kebenaran dalam arti yang substansial, historis, dan faktual bisa benar-benar lenyap.

Baca selengkapnya di Investor Daily versi cetak di https://subscribe.investor.id

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com