Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Bambang Soesatyo. Sumber: BSTV

Bambang Soesatyo. Sumber: BSTV

WASPADA LONJAKAN PASCALEBARAN,

61% Pemudik Dites Random Positif Covid,

Selasa, 11 Mei 2021 | 13:47 WIB
Markus Junianto Sihaloho

JAKARTA, investor.id - Perhatian segera muncul terkait hasil tes acak dalam Operasi Ketupat 2021 mengindikasikan risiko penularan Covid-19 yang tinggi setelah 61% pemudik yang dites random diketahui positif.

Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta pemerintah dan seluruh pihak agar menjadikan temuan itu sebagai peringatan tentang risiko penularan yang masih tinggi.

Hal ini juga menunjukkan adanya potensi lonjakan kasus aktif Covid-19 pascalibur lebaran. Oleh karenanya, pemerintah perlu bergerak cepat dalam mencegah lonjakan kasus dengan melakukan beberapa upaya.

"Pemerintah perlu bergerak cepat," kata Bamsoet, sapaan akrabnya, Selasa (11/5/2021).

Semisal, Pemerintah bisa membuat pedoman rekayasa dan kesiapan pelayanan kesehatan jika terjadi lonjakan kasus. Lalu melakukan koordinasi antar Satgas Penanganan Covid-19 mulai dari tingkat nasional sampai tingkat kelurahan/desa. Yang utama, adalah menerapkan pembatasan mobilitas secara ketat.

Di sisi lain, pemerintah daerah bisa berkontribusi dengan lebih menggencarkan pengetesan dan penerapan isolasi mandiri. Mengingat banyak masyarakat yang nekat melakukan perjalanan mudik ke sejumlah daerah.

Jika memang bisa dipastikan ada pemudik yang teridentifikasi positif Covid-19 dari pemeriksaan acak, maka mereka harus diawasi secara ketat. Termasuk apabila harus kembali ke daerah asal maupun ke daerah tujuan mudik.

"Kami mengimbau seluruh daerah untuk bersiap menangani dan menerima lonjakan kasus pasca libur lebaran, mengingat tren mobilitas penduduk nasional menunjukkan kenaikan tujuh hari terakhir ini," kata Bamsoet.

Untuk diketahui,  Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) kemarin menyebutkan data mengejutkan, yakni 61% pemudik yang dites secara random ternyata positif Covid-19. Bahwa 4.123 dari 6.742 yang dites random ternyata positif Covid-19. 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN