Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

31% Kekerasan Seksual terhadap Anak Dimulai dari Internet

Kamis, 7 November 2013 | 17:09 WIB
Anis Rifatul Ummah

JAKARTA - Para orangtua harus mewaspadai dampak internet terutama media sosial terhadap anak-anak. Pasalnya, berdasarkan data Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), dari 80% kasus kekerasan seksual pada anak, sebanyak 31% di antaranya dimulai dari internet.

"Hampir semua anak korban kekerasan seks melalui internet menceritakan bahwa mereka bertemu dengan seseorang melalui media sosial," kata Manajer lembaga swadaya masyarakat (LSM) Terre des Hommes untuk Indonesia Sudaryanto di Jakarta, Kamis.

Media sosial seperti fasilitas Blackberry Messenger juga digunakan untuk mencari pelanggan.

Sudaryanto menceritakan hal itu seperti yang terjadi di Surabaya, di mana anak berumur 12 tahun menjual temannya sendiri serta mencari pelanggan melalui media sosial. "Potensi kekerasan seksual melalui internet di Indonesia sangat besar karena pengguna internet yang semakin meningkat," ujar Sudaryanto seperti dikutip Antara.

Untuk itu, lanjut dia, orang tua perlu memberikan pengawasan lebih terhadap anak-anaknya ketika menggunakan internet dan juga telepon pintar. "Beberapa penyebab anak terjebak dalam eksploitasi seksual adalah lemahnya pengawasan orang tua, faktor ekonomi, keluarga tidak harmonis, dan pengaruh teman sebaya," katanya. (*/gor)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN