Menu
Sign in
@ Contact
Search

Mabes Polri Kirim Dua Panser Hagglunds ke Sinabung

Rabu, 22 Jan 2014 | 14:34 WIB
Anis Rifatul Ummah (redaksi@investor.id)

JAKARTA- Kepolisian Negara Republik Indonesia mengirimkan dua kendaraan khusus di segala medan untuk membantu segala keperluan di lokasi bencana Gunung Sinabung, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara.

"Untuk ke Sinabung ada dua kendaran untuk membantu penanganan korban atau distribusi bahan makanan di daerah yang licin karena debu vulkanik," kata Kepada Badan Pemeliharaan dan Keamanan Mabes Polri Komjen Pol Badrodin Haiti usai menyampaikan amanat Kapolri Jenderal Pol Sutarman di Markas Komando Korps Brigade Mobil Polri, Kelapa Dua, Depok, Rabu.

Badrodin mengatakan kendaraan jenis panser Hagglunds hitam seberat enam ton tersebut akan dikirim pada Rabu ini.

"Nanti kita kirim ke Sinabung, Insya Allah hari ini," ucapnya kepada Antara.

Dia menjelaskan kendaraan khusus buatan Swedia tersebut bisa digunakan di segala medan, baik berpasir maupun berlumpur.

Selain itu, dia mengatakan pihaknya mengirimkan 20 personel Polri untuk dikirimkan ke Sinabung dari jumlah keseluruhan 3.500 personel Polri ke seluruh Indonesia.

Sementara itu, lanjut dia, sebanyak 300 perseonel Polri juga disiapkan untuk menangani banjir DKI Jakarta dan sekitarnya ke Polda Metro Jaya.

Dalam apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana tersebut, Badrodin juga menyampaikan amanat Kapolri Jenderal Pol Sutarman terkait penanganan dan pengamanan di lokasi bencana.

Sutarman mengamanatkan kepada seluruh anggota Polri untuk mendirikan pos-pos pengamanan di lokasi yang ditinggalkan masyarakat yang terkena bencana.

Dia juga memerintahkan untuk melaksanakan kegiatan patroli di daerah-daerah yang ditinggalkan masyarakat pengungsi untuk menghindari terjadinya penjarahan, pencurian ataupun kejahatan lainnya.

"Lakukan penegakan hukum secara tegas terhadap pelaku tindak pidana yang memanfaatkan situasi bencana," katanya Selain itu, dia juga memerintahkan untuk membentuk tim kesehatan Polri untuk memberikan pertolongan dan penyelamatan kepada korban masyarakat ataupun anggota Polri yang menjadi korban.

Dia juga mengimbau untuk melakukan koordinasi dengan BNPT, BPBD, TNI dan pemerintah daerah serta elemen masyarakat untuk mendirikan pos-pos pengungsian dan dapur umum.

"Jalin hubungan yang harmonis dengan seluruh personel yang terlibat penanganan bencana serta seluruh warga masyarakat," tuturnya.

Selama 2013, telah terjadi 693 bencana alam yang terdiri dari tanah longsor 262 kali, banjir bandang 95 kali, banjir pasang (rob) 44 kali, gunung meletus 1 kali, angin puting beliung 94 kali dan bencana lainnya 171 kali.

Sedangkan bencana non-alam yang terjadi selama 2013, yakni kebakaran 424 kali dan bencana non-alam laiinnya sebanyak 24 kali.(*/hrb)

Editor : herry barus (herrybarus@yahoo.com.au)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com