Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Pers Jangan Terjebak Persaingan Antarkandidat

Senin, 24 Februari 2014 | 07:01 WIB
Oleh Novy Lumanauw dan Damiana Simanjuntak

JAKARTA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik mengimbau, pada tahun politik ini, pers jangan sampai terjebak pada horse race journalism, yang fokus pada pemberitaan persaingan antarkandidat. Pers hendaknya lebih mengedepakan pokok pikiran dari setiap peserta Pemilu dalam mengelola bangsa ini, jika mereka diberi kepercayaaan oleh rakyat lima tahun ke depan.

“Jadi, sekeras apapun kompetisi antarpeserta pemilu pada tahun 2014, ini tidak berujung pada tindakan-tindakan destruktif. Pers diharapkan melahirkan jurnalisme damai, jurnalisme positif dan jurnalisme yang lebih mengedepankan makna dan etika,” jelas Husni Kamil, pada acara “Fun Walk HUT ke-27 Suara Pembaruan” di Parkir Selatan Senayan, Jakarta, Minggu (23/2). Pada acara itu, Pemimpin Redaksi Suara Pembaruan, Primus Dorimulu menyerahkan potongan tumpeng kepada Husni Kamil Manik.

Selain Husni Kamil, hadir pula Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Kabarhakam Komjen Pol Badrodin Haiti, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Ronny F Sompie, Ketua DPR Marzuki Alie, Ketua DPD Irman Gusman, Anggota Dewan Pertimbangan Partai Demokrat, Hayono Isman, Wakil Sekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Mansyur Kardi, Wakil Partai Gerindra Bondan Winarno, Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang (PBB), BM Wibowo, Ketua Dewan Pimpinan Provinsi Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Syarafuddin Arsyad, Ketua DPP Partai Hanura, Susaningtyas Kertopati.

Primus Dorimulu, mengemukakan, HUT SP ke-27 yang bertema “Untuk Indonesia yang Lebih Baik” membawa pesan penting dalam tahun politik ini, bukan hanya mendorong masyarakat menggunakan hak pilihnya, juga mendukung pelaksanaan pemilu yang aman dan damai. “Paling tidak pemilu tahun ini akan damai,” kata Primus.

Menurut dia, pelaksanaan Pemilu yang aman dan damai memerlukan keterlibatan sejumlah pihak dan kesadaran masyarakat.Adanya kesadaran masyarakat dalam mensukseskan pemilu dengan menggunakan hak pilihnya untuk memilih calon legislatif (caleg) dan calon presiden (capres) yang baik maka dapat membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. ”Bisa membawa Indonesia lebih sejahtera dan makmur,” ungkapnya.

Baca selengkapnya di Investor Daily versi cetak di https://subscribe.investor.id

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN