Menu
Sign in
@ Contact
Search

Anggota DPR Dilarang ke Pelacuran dan Perjudian

Selasa, 29 Mar 2011 | 13:20 WIB
Antara (redaksi@investor.id)

JAKARTA - Pimpinan dan anggota DPR dilarang ke pelacuran dan perjudian, kecuali untuk kepentingan tugas resmi sebagai anggota DPR.

Demikian salah satu larangan dalam kode etik yang disetujui dalam rapat paripurna DPR di Gedung DPR/MPR di Senayan Jakarta, Selasa. Rapat dipimpin Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso.

Rapat paripurna ini membahas beberapa agenda termasuk laporan Badan Kehormatan (BK) mengenai hasil pembahasan Rancangan Peraturan DPR tentang Kode Etik dan Peraturan DPR tentang Tata Beracara BK dilanjutkan dengan pengambilan keputusan.

Wakil Ketua BK DPR Nudirman Munir menyampaikan hasil pembahasan draft kode etik, termasuk menyampaikan pasal-pasal yang ada dalam kode etik yang baru.

Tidak ada penolakan dan keriuhan interupsi saat dilakukan pengambilan keputusan atas ketentuan tersebut.  Karena itu, Priyo langsung mengetukan palu sidang sebagai pertanda bahwa agenda mengenai pengambilan keputusan terhadap rancangan kode etik dapat dicapai.

Berdasarkan kode etik yang baru, seluruh anggota DPR dilarang pergi ke tempat pelacuran dan perjudian. Aturan baru ini tertuang dalam Rancangan Peraturan DPR tentang Kode Etik.

Dalam kode etik yang lama bernomor 16/DPR RI/I/2004-2005 hanya diatur masalah kepribadian anggota DPR yang tertuang dalam Bab III tentang Kepribadian dan Tanggung Jawab.

Sedangkan, dalam draf kode etik yang baru, dalam draft Pasal 3 memuat pelarangan bagi anggota untuk mendatangi lokasi pelacuran dan perjudian.

Dalam draft itu, Pasal 3 ayat (6) berbunyi: "Anggota DPR RI dilarang memasuki tempat-tempat yang dipandang tidak pantas secara etika, moral dan norma yang berlaku umum di masyarakat seperti komplek pelacuran dan perjudian, kecuali untuk kepentingan tugasnya sebagai anggota DPR RI". (gor/ant)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com