Menu
Sign in
@ Contact
Search

Polri: Sekolah Toleransi Bangun Karakter Generasi Muda

Kamis, 23 Okt 2014 | 11:42 WIB
Alex Dungkal dan Emral Ferdiansyah (redaksi@investor.id)

JAKARTA - Mabes Polri mensosialisasikan program Sekolah Toleransi kepada murid-murid SMA Negeri 6 Bulungan, Jakarta Selatan untuk membangun karakter generasi muda yang mampu mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan memiliki visi kebangsaan.

"Target jangka panjangnya agar anak-anak ini memiliki visi kebangsaan yang kuat," ujar Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Pol Boy Rafli Amar di Jakarta, Kamis.

Sementara dalam jangka pendek, pihaknya menargetkan adanya penurunan angka kriminalitas tawuran, "bully" di kalangan pelajar serta keterlibatan pelajar dalam kasus narkoba.

Polri menyadari banyaknya pengaruh-pengaruh negatif di era globalisasi yang berasal dari media daring (internet) dan maraknya budaya asing yang masuk ke Tanah Air sehingga mempengaruhi generasi muda.

Boy berkeyakinan bila pemahaman nilai-nilai luhur Pancasila bisa ditingkatkan di kalangan pelajar mereka akan terhindar dari sikap intoleran dan aksi-aksi kekerasan. "Kita harap benih-benih kekerasan dalam diri pelajar dapat ditekan dan digantikan dengan nilai-nilai luhur yang didasari rasa kasih sayang, cinta sesama," ujarnya.

Program Sekolah Toleransi, menurut dia, merupakan kerja sama Divisi Humas Mabes Polri dengan Klinik Pancasila di SMA-SMA.

Ke depannya, diharapkan Klinik Pancasila akan menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler di SMA yang akan berfokus membentuk karakter murid-murid SMA yang sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila. 

Selain menerapkan metode dialog, dalam Klinik Pancasila, para siswa diajak bernyanyi bersama menyanyikan lagu-lagu bertema Pancasila. Para siswa pun terlihat antusias saat dialog simulasi dokter - pasien dilakukan.

Selain mensosialisasikan program Sekolah Toleransi di SMAN 6 Bulungan, pihaknya juga sudah mensosialisasikan program ini ke SMAN 21 Rawamangun. (ant/gor)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com