Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wagub Ahmad Riza Patria usai acara pengangkatan anggota Kehormatan Komando Nasional Resimen Mahasiswa di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 2 November 2021. Foto: Yustinus Patris Paat

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wagub Ahmad Riza Patria usai acara pengangkatan anggota Kehormatan Komando Nasional Resimen Mahasiswa di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 2 November 2021. Foto: Yustinus Patris Paat

Anies akan Terus Evaluasi Penanganan Banjir di Jakarta

Selasa, 2 November 2021 | 18:00 WIB
Yustinus Paat

JAKARTA, investor.id  - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pihaknya akan terus mengevaluasi penanganan banjir di Jakarta. Menurut Anies, evaluasi ini penting untuk memastikan apakah penanganan banjir sudah sesuai dengan target atau belum dan penyebabnya.

“Ini pengendalian kita menggunakan target, tentu kita evaluasi terus apa yang membuat sebuah target tercapai dan apa yang membuat sebuah target tidak tercapai dalam rangka perbaikan terus menerus,” ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (2/11/2021).

Anies mengatakan pihaknya dalam satu tahun terakhir telah menetapkan 2 target dalam penanganan banjir di Ibu Kota. Pertama, tidak ada korban jiwa dan kedua banjir atau genangan air kering atau surut dalam waktu 6 jam setelah hujan berhenti atau aliran sungai normal.

“Targetnya dua, satu tidak boleh ada korban jiwa, kedua sesudah kembalinya garis normal sesudah itu 6 jam, tapi kalau belum kembali ya masih terus, jadi genangan sama seperti air 100 mm per hari, bila di atas itu, otomatis akan terjadi (banjir), apabila di bawahnya harus segera. Ini bagian dari usaha kita untuk terus menerus kita akan evaluasi dan dengan bahan evaluasi itu perbaikan akan terus menerus kita lakukan,” ungkap Anies.

Di tempat yang sama, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya telah mengerahkan sumber daya yang ada untuk mengantisipasi banjir dan dampaknya. Semua jajaran Pemprov DKI, kata dia, sudah mengetahui tugasnya jika terjadi banjir.

“Kami terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terus mengupayakan upaya pencegahan penanganan banjir khususnya daerah daerah yang berpotensi terjadi genangan atau banjir sebagaimana tahun lalu,” tutur Riza.

Selain itu, kata Riza, pihaknya juga sudah menyiagakan early warning system dan alat ukur curah hujan sebagai di 267 kelurahan. Dengan alat ukur curah hujan ini, tutur dia, masyarakat bisa meningkatkan kewaspadaannya ketika terjadi hujan.

“Seperti yang disampaikan BMKG dalam tiga hari ke depan (akan ada cuaca ekstrem), jadi mohon siapkan diri semua seluruh warga apalagi di masa pandemi. Kalau musim hujan lebat, penularan bisa lebih cepat,” pungkas Riza. 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN