Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sumber: BSTV

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sumber: BSTV

Anies Selambatnya Putuskan PSBB Transisi 2 Juli

Investor Daily, Rabu, 1 Juli 2020 | 05:33 WIB

JAKARTA, investor.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pihaknya akan segera memutuskan nasib pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi menuju masyarakat sehat, aman dan produktif (PSBB transisi) di Jakarta paling lambat 2 Juli 2020 mendatang.

Namun, kata Anies, tidak menutup kemungkinan diumumkan sebelum tanggal 2 Juli 2020.

Insya Allah kan sampai tanggal 2 Juli. Jadi berakhir tanggal 2 Juli, nanti akan kami umumin sebelum atau pas tanggal 2 Julinya,” ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (30/6).

Pemprov DKI Jakarta akan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan PSBB transisi yang dimulai 5 Juni 2020 lalu dengan memperhatikan angka-angka epidemiologis, kesehatan publik dan fasilitas kesehatan.

Dari hasil evaluasi tersebut, akan diputuskan nashi PSBB transisi dengan sejumlah opsi, antara lain, PSBB transisi dilanjutkan ke PSBB transisi fase 2, PSBB transisi dihentikan dan kembali ke PSBB atau langsung menuju kehidupan aman, sehat dan produktif.

“Justru sekarang itu datanya lagi diupdate yang terbaru supaya ketika kami mengumumkan dengan informasi yang akurat,” ungkap Anies.

Siapkan 107 Rute

Warga menggunakan masker saat menggunakan angkutan TransJakarta, di Jakarta, Minggu (17/5/2020). Foto: SP/Ruht Semiono
Warga menggunakan masker saat menggunakan angkutan TransJakarta, di Jakarta, Minggu (17/5/2020). Foto: SP/Ruht Semiono

PT Transportasi Jakarta (Trans- Jakarta) selaku pengelola jasa transportasi bus di DKI Jakarta menyiapkan 107 rute untuk normal baru jikamasa PSBB transisi berakhir.

“Pada masa transisi kita hanya menyiapkan 700 unit, tapi di ‘new normal’ yang direncanakan 3 Juli itu sekitar 1.791 bus akan kita operasionalkan. Jumlah tinggi tersebut dipengaruhi oleh layanan mikrotrans yang akan mulai beroperasi,” kata Direktur Operasional TransJakarta Prasetia Budi dalam diskusi daring yang diselenggarakan Institut Transportasi (Instran) di Jakarta, Selasa (30/6).

Mikrotrans mengambil porsi paling banyak untuk penambahan rute di masa normal baru, yaitu sebanyak 69 rute. Sedangkan untuk rute BRT yang sebelumnya diutamakan di 13 koridor utama ditambah sehingga menjadi 23 rute dan terakhir penambahan rute dilakukan untuk angkutan integrasi sebanyak 15 rute.

Pria yang akrab disapa Prabu itu mengatakan dalam kurun waktu 1-2 hari ke depan, pihaknya mulai melakukan uji coba di beberapa titik untuk rute - rute yang ditambah khususnya untuk mikrotrans yang telah vakum selama 4 bulan akibat Covid-19. Meski penambahan rute layanan dilakukan, TransJakarta tetap menjaga penerapan protokol kesehatan secara ketat.

“Tetap physical distancing, protokol kesehatan kita jalankan dengan ketat,” kata Prabu. (b1)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN