Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Hermawan Saputra, Dewan Pakar IAKMI. Sumber: BSTV

Hermawan Saputra, Dewan Pakar IAKMI. Sumber: BSTV

Antisipasi Lonjakan Kasus, Pemda Dapat Kerahkan RT/RW Data Warga Mudik

Jumat, 14 Mei 2021 | 22:24 WIB
Maria Fatima Bona

JAKARTA, investor.id  - Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Hermawan  Saputra  mengatakan, untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 saat arus balik mudik Lebaran, maka pemerintah daerah (Pemda) harus segera melakukan pendataan terhadap warganya yang mudik mulai dilakukan di tingkat RT/RW.

Hermawan menyebutkan,  misalnya DKI Jakarta yang tentu menjadi tujuan arus balik terbesar  segera melakukan pendataan oleh RT/RT by name dan by address.

“Semua RT dikerahkan kalau RT bisa menghimpun data berapa orang yang mudik dari warganya, maka pulangnya akan ketahuan kalau semua data ini by name dan by address.  Ini bisa dilakukan kalau kotanya siap seperti DKI Jakarta,” kata Hermawan saat dihubungi Beritasatu.com, Jumat (14/5/2021).

Hermawan menjelaskan, dengan data yang valid ini tentu Pemda  bekerjasama dengan pemerintah pusat untuk dapat mengukur seberapa  risiko harus dihadapi. Selain itu, Pemda juga mengetahui jumlah peningkatan penduduk karena mengetahui  langsung  dari data pemeriksaan Covid-19 tersebut.

Dengan begitu, lanjut Hermawan, risiko yang akan terjadi seminggu atau dua minggu kedepan sesudah Lebaran ini  seperti ketersediaan tempat tidur di rumah sakit, tenaga kesehatan (nakes), ruang isolasi mandiri dapat disiapkan dengan segera.

“Persiapan mulai saat ini ya karena sudah H+1, tentu harus sudah pasang kuda-kuda semuanya, kuncinya ada di pendataan awal  karena akan ketahuan semuanya. Ini tidak  hanya di DKI Jakarta tetapi kota- kota besar lainnya  harus siap-siap dengan adanya kenaikan kasus Covid-19 ini,” ujarnya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN