Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Penny K Lukito. Sumber: BSTV

Penny K Lukito. Sumber: BSTV

Awal 2022, Vaksin Merah Putih dari Unair Diproduksi Massal

Jumat, 16 April 2021 | 22:32 WIB
Maria Fatima Bona

BANDUNG, investor.id  - Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM),  Penny K. Lukito  mengatakan, dari 6 instansi yang mengembangkan vaksin Merah Putih yang sudah menunjukkan peningkatkan ada 2 platform.  Salah satunya vaksin Merah Putih dikembangkan Universitas Airlangga (Unair) bermitra dengan PT Biotis Pharmaceutical Indonesia.

Penny menuturkan, saat ini pengembangan vaksin tersebut  yang sudah masuk tahap pra klinik dan targetnya uji klinik selesai pada kuartal IV atau QIV  2021.  Dengan begitu akan dapat diproduksi massal pada awal 2022.

“Jadi awal-awal  dari  2022 harapannya sudah bisa diproduksi  secara  massal,” kata  Penny dalam konferensi daring terkait dengan pengembangan vaksin Merah Putih, Jumat (16/4/2021).

Selanjutnya, dalam upaya pengembangan vaksin sesuai standar telah ditetapkan, Penny menyebutkan, saat ini BPOM sedang mendampingi PT Biotis Pharmaceutical Indonesia untuk bisa memenuhi  Good Manufacturing Practice (GMP) yang ditargetkan akan dipenuhi dalam beberapa bulan ke depan.

“Itu harapan kami, bahwa pada  awal tahun 2022   sudah  bisa memproduksi vaksin Merah Putih,” ucapnya.

Sementara itu, lanjut Penny, untuk vaksin Merah Putih yang diproduksi oleh Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman bekerjasama dengan  PT Bio Farma ditargetkan pada akhir semester satu 2022  sudah mendapat izin darurat penggunaan atau Emergency Use of Authorization (EUA) dari BPOM.  Dengan begitu, pada semester kedua 2022 sudah bisa diproduksi massal.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN