Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pinjol ilegal

Pinjol ilegal

Bareskrim Tangkap 7 Tersangka Sindikat Pinjol Ilegal

Jumat, 15 Oktober 2021 | 12:23 WIB
Bayu Marhaenjati

JAKARTA, investor.id  - Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri, menggerebek tujuh tempat yang diduga merupakan kantor operasional sindikat pinjaman online ilegal (pinjol), di Jakarta. Termasuk, menangkap tujuh orang tersangka.

"Ya Bareskrim melakukan penggerebekan dan penangkapan sindikasi pinjaman online di tujuh lokasi, di Jakarta. Ada tujuh tersangka yang ditangkap," ujar Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Brigjen Pol Helmy Santika, Jumat (15/10/2021).

Adapun lokasi penggerebekan diantaranya, dua tempat di Cengkareng, Jakarta Barat, lalu di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, kemudian Apartemen Taman Anggrek, Jakarta Barat, Laguna Pluit dan Green Bay Pluit, Jakarta Utara.

"Tujuh tersangka yang ditangkap ini perannya desk collection dan operator SMS blasting," ungkapnya.

Menurut Helmy, desk collection biasanya berperan sebagai penagih, sementara operator SMS blasting penyebar promosi pinjaman online ilegal.

"SMS blasting merupakan salah satu modus yang dilakukan oleh pinjol ilegal sebagai sarana promosi ataupun untuk menagih utang. Saat ini orang-orangnya dalam pengembangan dan pendalaman untuk ke jaringan lain atau sindikasi lain," katanya.

Pada saat penggerebekan, polisi juga menyita barang bukti yang menunjang operasional pinjol ilegal berupa modem, perangkat komputer, monitor, simcard, laptop, dan peralatan elektronik lainnya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN