Menu
Sign in
@ Contact
Search
Komisaris Utama BeritaSatu Media Holdings (BSMH) Enggartiasto Lukita. (Foto: Primus Dorimulu)

Komisaris Utama BeritaSatu Media Holdings (BSMH) Enggartiasto Lukita. (Foto: Primus Dorimulu)

BeritaSatu Beri Kesempatan Mahasiswa UPH Magang

Senin, 12 September 2022 | 17:46 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id– BeritaSatu Media Holdings (BSMH) mendukung penuh program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang diinisiasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Dukungan yang diberikan berupa kesempatan magang selama satu semester kepada mahasiswa yang berminat di bidang jurnalistik.

Hal ini disampaikan oleh Komisaris Utama BeritaSatu Media Holdings (BSMH) Enggartiasto Lukita pada peluncuran “Program Magang Kampus Merdeka UPH-BSMH” di ruang Redaksi BSMH, Gedung Commodity Square, Jakarta, Senin (11/9/2022). Peluncuran program kolaborasi antara Universitas Pelita Harapan (UPH) dan BSMH tersebut juga dihadiri Plt Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek, Nizam, serta Direktur Eksekutif Yayasan Pendidikan Pelita Harapan Stephanie Riady.

Enggartiasto menuturkan, BSMH yang merupakan kelompok usaha yang bergerak dalam industri media, tidak menunggu petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) dari Kemendikbudristek untuk melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Hal yang dilakukan BSMH adalah langsung menangkap esensi program tersebut dan melaksanakannya melalui kerja sama dengan Universitas Pelita Harapan (UPH), untuk memberi kesempatan mahasiswa menjalani magang untuk mendapat pengetahuan dan keterampilan di bidang jurnalistik.

Baca juga: 29 Mahasiswa UPH Digembleng di BeritaSatu

Program Magang Kampus Merdeka UPH-BSMH diikuti 29 mahasiswa semester V FISIP UPH. Mereka berkesempatan menjalani magang selama satu semester hingga Januari 2023.

“Kami sebagai industri tidak menunggu juklak dan juknis yang harus dikeluarkan oleh Kemendikbudristek, tetapi kami menganggap esensi dan tujuan yang begitu baik agar para mahasiswa dapat memahami seluruh proses dan prosedur, serta inti dari suatu kegiatan bersama di industri media,” ujarnya.

Enggartiasto menuturkan, saat ini tidak mudah bagi kalangan industri untuk mendapatkan tenaga kerja profesional yang mampu bekerja memenuhi kebutuhan yang ada. Menurutnya, pendidikan tinggi saat ini masih seperti menara gading yang kemampuan dan kompetensi lulusannya berbeda dengan kenyataan atau kebutuhan riil di dunia kerja.

Baca juga: 29 Mahasiswa UPH Jalani Magang Kampus Merdeka di BSMH

“Saya teringat betul berkali-kali Bapak Presiden menekankan hal itu, dan kemudian oleh Bapak Presiden Jokowi didorong vocational training atau program pelatihan, agar angkatan kerja bisa langsung memenuhi kebutuhan kerja yang ada,” katanya.

Untuk itu, dia juga mengapresasi UPH yang cepat merespons kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka untuk memberi kesempatan mahasiswa magang di industri. Pasalnya, belum semua perguruan tinggi swasta merespons cepat program ini seperti yang dilakukan oleh UPH.

Oleh karena itu, kerja sama BSMH dengan UPH diharapkan bisa membuat mahasiswa memahami seluruh proses kegiatan usaha media, sekaligus mampu langsung terjun ke lapangan.

Tidak semua perguruan tinggi swasta yang langsung berhubungan dengan industri dan mencari peluang agar mahasiswa mendapat ilmu yang tidak teoretis, tetapi langsung ke lapangan,” ujarnya.

Baca juga: Di Acara UPH Festival, Rektor Ucapan Selamat Datang untuk  Mahasiswa Baru 

Dia menambahkan, mahasiswa UPH peserta magang harus bersyukur, karena tidak semua perguruan tinggi mau melakukan seperti ini.

Pada kesempatan tersebut, Enggartiasto Lukita menuturkan, dukungan BMSH dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka tidak hanya menyiapkan tempat magang bagi mahasiswa. BSMH juga bersedia untuk mendukung pembelajaran di kelas melalui praktisi mengajar, dengan mengirim praktisi media massa yang dimiliki untuk berbagi pengalaman mengajar di kampus.

“BMSH yang bergerak di industri media ini memiliki banyak tenaga praktisi profesional yang siap berbagi praktik dengan mahasiswa. Jadi kami mendukung program pemerintah yang memang benar dibutuhkan baik untuk kepentingan mahasiswa dan juga untuk kepentingan industri di kemudian hari,” ucapnya.

Selain itu, Enggartiasto menambahkan, dukungan lainnya adalah mahasiswa magang terbaik akan mendapat kesempatan untuk bekerja di BSMH. “Ini suatu cambuk bagi mahasiswa yang magang di sini. Ini sekaligus kita akan bentuk talent scouting. Jadi, mereka yang mempunyai dedikasi dan keinginan untuk berkarya bersama dalam grup usaha ini, maka kami akan langsung melihat dan memilih untuk diajak bersama,” jelasnya.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com