Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Bisnis Online Menjanjikan

Antara, Selasa, 14 Juni 2011 | 09:05 WIB

Bagi Anda para wirausahawan bermodal minim dan kesulitan memasarkan produk dagangannya disarankan untuk mencoba berjualan secara online melalui internet. Melihat kemajuan teknologi informasi sekarang, hal tersebut sangat memungkinkan.

Saat ini sebagian besar masyarakat perkotaan yang konsumtif merupakan pelanggan internet. Bahkan setiap orang memiliki ponsel berfitur internet yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Bisnis online atau e-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui system elektronik, seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.

Keunggulan dari e-commerce bagi pembeli adalah kemudahan dalam hal menemukan produk yang diinginkan, bisa memesan dari mana saja, kapan saja, dan juga banyaknya pilihan pembayaran. Bagi pengusaha, e-commerce memungkinkan yang bersangkutan mendirikan usaha dengan modal minim sekalipun karena ia bisa memulai usahanya dari rumah.

Namun, apakah memang sesederhana itu? Apa tantangan e-commerce dan bagaimana trik jitu memulai e-commerce? Sebelum memulai e-commerce, Anda harus lakukan riset terlebih dahulu. Anda harus melihat kompetisinya di internet. Bagaimana permintaan pasar terhadap barang dagangan yang hendak Anda jual. Setelah riset dan memutuskan produk apa yang akan dijual, Anda bisa mencari produsen barang tersebut dan memberi order pertama.

Anda bisa mencoba sistem dropshipping terlebih dahulu untuk tes market. Anda bisa mencari dropshipper untuk memulai usaha Anda. Dropshipper adalah perusahaan yang menyediakan produk untuk dijual oleh reseller (dalam hal ini Anda sebagai penjual).

Menjadi pengusaha e-commerce memang membutuhkan keberanian untuk memulai, kreativitas untuk mengembangkan web, ketepatan memilih media promosi, dan tak lupa harus memudahkan pembeli dalam hal pembayaran. Anda bisa menggunakan sistem transfer, ebanking, atau kartu kredit, bahkan cash on delivery alias bayar di tempat.

Aditya Putra
Lenteng Agung Jakarta Selatan

BAGIKAN