Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Salah satu kantor BMKG. Foto: Investor Daily/Gora Kunjana

Salah satu kantor BMKG. Foto: Investor Daily/Gora Kunjana

BMKG: Wilayah Selatan Malang Kawasan Rawan Gempa

Minggu, 11 April 2021 | 14:03 WIB
Maria Fatima Bona

JAKARTA, investor.id - Diputi Bidang Geofisika, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Muhamad Sadly mengatakan, wilayah selatan Malang, Jawa Timur (Jatim)  merupakan kawasan rawan gempa bumi. Dalam hal ini, tidak hanya terjadi sekarang, tetapi sejak dahulu.

Sadly menyebutkan, berdasarkan hasil monitoring BMKG di wilayah  tersebut, banyak terjadi gempa dirasakan dalam beberapa tahun terakhir. “Artinya wilayah selatan Malang memang merupakan kawasan rawan gempa bumi, tidak hanya sekarang tetapi sejak dulu,” kata Sadly  saat dihubungi Beritasatu.com, Minggu (11/4/2021).

Selanjutnya, ketika ditanyakan apakah kondisi ini bisa memicu gempa yang lebih besar, Sadly menjelaskan, dengan adanya sumber gempa megathrust di selatan Jatim tentu potensi terjadinya gempa susulan lebih besar bisa terjadi. Namun,  belum dapat diperkirakan.

“Entah kapan, tetapi terkait gempa susulan yang lebih besar pasca  gempa 6,1 ini bisa ya bisa tidak, karena memang gempa belum dapat diprediksi,” terangnya.

Sadly juga menjelaskan, gempa yang terjadi di Jatim memiliki spektrum guncangan yang luas yang dirasakan hingga daerah Banjarnegara di barat dan Lombok di timur sejauh 415 km dari pusat gempa.  “Adanya spektrum guncangan yang luas ini berkaitan dengan hiposenter gempanya yang cukup dalam,” ucap dia.

Sebelumnya, BMKG menyatakan bahwa gempa tektonik yang pada Minggu (11/4/2021) getarannya dirasakan di wilayah Jawa Timur, sebagian Jawa Tengah, hingga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan gempa susulan kedelapan dari gempa yang terjadi pada Sabtu (10/4) di wilayah Malang.

"Gempa dirasakan ini merupakan bagian dari rangkaian gempa susulan dari gempa utama berkekuatan 6,1 yang terjadi pada hari Sabtu kemarin, 10 April 2021, pukul 14.00.16 WIB," kata Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN