Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Budiman: Jokowi Laksanakan Nilai-Nilai Demokrasi

Rabu, 11 Juni 2014 | 08:10 WIB
Alex Dungkal dan Emral Ferdiansyah

JAKARTA-Anggota tim pemenangan capres dan cawapres, Joko Widodo-Jusuf Kalla, Budiman Sudjatmiko, mengatakan Jokowi telah mempraktekkan nilai-nilai demokrasi dalam pengertian yang sesungguhnya dengan mendengarkan suara rakyat secara langsung di tempat mereka kerja.

"Itulah makna demokrasi yang dikemukakan Jokowi dan Jusuf Kalla dalam debat calon presiden yang berlangsung di Jakarta Senin (9/6) malam," kata Budiman, di Jakarta, Selasa.

Jokowi, kata dia, melakukan blusukan karena Jokowi memahami bahwa demokrasi adalah mendengarkan suara rakyat dan melalui cara itu dia memahami persoalan rakyat.

"Dengan demikian Jokowi tidak hanya seorang demokrat, tetapi sekaligus seorang Republikan karena dia benar-benar berbuat untuk kepentingan publik. Jokowi tidak sekadar berbicara soal mayoritas-minoritas sebagaimana prinsip demokrasi, tetapi Jokowi melaksanakan nilai-nilai demokrasi untuk kepentingan umum. Dengan mendengarkan suara rakyat dia melayani kepentingan umum," paparnya.

Tak hanya itu, kata Budiman, Jokowi memahami demokrasi dengan berangkat dari persoalan yang paling hulu, yakni dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Jokowi mendengarkan suara rakyat dan menjemput suara rakyat dengan datang ke pasar-pasar, kampung-kampung, tempat segala harapan dam mimpi rakyat bergulir.

"Cara Jokowi menjemput suara rakyat di hulu merupakan nilai demokrasi yang paling dasar, sebelum institusi demokrasi seperti partai politik dan DPR bekerja apalagi akhir-akhir ini ketika institusi-institusi demokrasi sering dipersepsikan tidak lagi sejalan dengan suara rakyat," tuturnya.(*/hrb)

Editor : herry barus (herrybarus@yahoo.com.au)

BAGIKAN