Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung AR.  Sumber: BSTV

Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung AR. Sumber: BSTV

Cek Keamanan Gereja, Pangdam: Situasi Kondusif

Kamis, 1 April 2021 | 21:22 WIB
Bayu Marhaenjati

JAKARTA, investor.id - Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurrahman dan Kapolda Metro Jaya Irjen M Fadil Imran melakukan pengecekan keamanan terkait pelaksanaan misa di Gereja Katedral Jakarta. Situasi terpantau aman dan kondusif.

"Malam hari ini saya dengan Kapolda Metro melihat situasi, khususnya pengecekan anggota di lapangan, TNI maupun Polri yang sudah berjalan dari beberapa hari sebelumnya. Mengecek secara langsung bagaimana realisasi pelaksanaan misa. Alhamdulillah melihat perkembangan situasi sangat kondusif dan masyarakat merasa nyaman melaksanakan peribadatan ini," ujar Dudung, Kamis (1/4/2021).

Dikatakan Dudung, TNI-Polri mengerahkan 5.692 personel gabungan untuk melakukan pengamanan di dalam, di luar dan sekeliling gereja. Termasuk, melaksanakan kegiatan patroli di Ibu Kota Jakarta.

"Kami TNI-Polri senantiasa siap untuk mengamankan dan melindungi saudara-saudara kita yang sedang melaksanakan misa," ungkapnya.

Dudung menyampaikan, kekuatan pengamanan disesuaikan dengan situasi dan kondisi Kamtibmas.

"Saat ini karena kejadian kemarin di Makassar dan Mabes Polri ya, tentunya kita selalu menyesuaikan. Ya intinya TNI-Polri siap untuk mengantisipasi setiap adanya perkembangan seperti itu," katanya.

Dudung mengimbau, kepada masyarakat agar tenang, aksi teror yang terjadi belakangan ini tidak mewakili agama tertentu karena semua agama tidak mengajarkan menjadi teroris.

"Berikan kepercayaan kepada TNI-Polri untuk melaksanakan tugas-tugas ini. Semua juga merasa bertanggungjawab, bahwa setiap masyarakat apabila ada hal-hal yang mencurigakan segera laporan supaya kita bahu membahu mengantisipasi," jelasnya.

Mgr Kardinal Ignatius Suharyo.dalam Perayaan Natal Nasional 2020, Minggu (27/12/2020). Sumber: BSTV
Mgr Kardinal Ignatius Suharyo. Sumber: BSTV

Sementara itu, Uskup Agung Jakarta Mgr. Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo menyampaikan, terima kasih yang sebesar-besarnya kepada TNI-Polri karena telah memberi rasa aman kepada umat yang sedang beribadah.

"Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Kapolda, bapak Pangdam beserta jajaran yang bukan hanya kali ini memberi rasa aman kepada umat yang sedang beribadah. Setiap tahun dilakukan hal yang seperti ini. Kami merasa bahwa sebagai warga masyarakat sungguh-sungguh dilindungi dan dilayani oleh pimpinan-pimpinan yang bertangung jawab terhadap keamanan di wilayah ini," katanya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN