Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Sampahku Tanggung Jawabku (Samtaku) Lamongan

Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Sampahku Tanggung Jawabku (Samtaku) Lamongan

Danone-Aqua Resmikan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu di Lamongan

Rabu, 25 November 2020 | 08:41 WIB
Ridho Syukra (ridho.syukra@beritasatumedia.com )

JAKARTA, investor.id - Danone-Aqua bersama pemerintah Kabupaten Lamongan meresmikan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Sampahku Tanggung Jawabku (Samtaku) Lamongan dan menjadikannya TPST terbesar di Jawa Timur dengan kapasitas pengolahan sampah hingga 60 ton per hari.

TPST Samtaku Lamongan berlokasi di Desa Banjarmendalan, Kabupaten Lamongan, tepat di pesisir pantai utara Provinsi Jawa Timur, lokasinya yang strategis cocok untuk menekan jumlah sampah yang berpotensi masuk ke laut.

Berdasarkan data dari National Plastic Action Partnership yang dirilis bulan April 2020, sebanyak 620 ribu ton sampah plastik mencemari sungai, danau dan laut Indonesia setiap tahunnya, salah satu penyebab utama isu ini adalah infrastruktur dan sistem pengelolaan sampah yang kurang efisien.

Danone-Aqua bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Lamongan selaku pemegang kebijakan dan penyedia lahan, menyiapkan infrastruktur pengolah sampah di TPST Samtaku Lamongan sebagai upaya pengelolaan yang terintegrasi, Danone-Aqua juga berkolaborasi dengan PT Reciki Solusi Indonesia dalam operasional TPST Samtaku Lamongan.

Sustainable Director Danone Indonesia Karyanto Wibowo mengatakan, Danone-Aqua sangat bangga, TPST Samtaku Lamongan dapat menjadi TPST terbesar di Jawa Timur, dengan kemampuan mengolah sampah 60 ton per hari, TPST ini merupakan bagian dari ambisi #BijakBerplastik yang dicanangkan Danone-Aqua untuk mendukung komitmen pemerintah Indonesia dalam mengurangi sampah plastik yang masuk ke laut hingga 70% selain itu, hal ini merupakan upaya untuk mewujudkan Zero Waste to Landfill.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak meyambut positif dan kolaborasi yang dibangun provinsi Jawa Timur dengan Danone-Aqua, kolaborasi yang dibangun untuk bersih dari sampah secara berkelanjutan.

Dalam masa percobaan operasional yang berlangsung sejak Maret hingga November 2020, TPST Samtaku Lamongan telah berhasil mengolah 3.950 ton sampah dimana 20% adalah sampah plastik.

CEO PT Reciki Solusi Indonesia selaku mitra Pengelola Operasional TPST Bhima Aries Diyanto mengatakan untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan karyawannya, TPST Lamongan menerapkan standar K3 dan melindungi karyawannya denan BPJS Ketenagakerjaan.

“Selain infrastruktur pengelolaan sampah, TPST Samtaku Lamongan juga dilengkapi dengan wahana edukasi terkait pengelolaan sampah untuk mendorong peningkatan dan pengetahuan dan perubahan perilaku masyarakat,” ujar dia kepada Investor Daily, di Jakarta, Rabu (25/11).

Gerakan #BijakBerplastik diinisiasi Danone-Aqua untuk mewujudkan target mengumpulkan sampah plastik daripada yang  digunakan pada tahun 2025, Danone-Aqua juga gencar mendorong pengelolaan sampah plastik kepada masyarakat dan mendukung pembangunan infrasturktur.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN