Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Webinar Peresmian Taman Keanekaragaman Hayati Telaga Inspirasi IPB-Nutricia, Selasa (16/3).

Webinar Peresmian Taman Keanekaragaman Hayati Telaga Inspirasi IPB-Nutricia, Selasa (16/3).

Danone-IPB Resmikan Taman Kehati Telaga Inspirasi

Selasa, 16 Maret 2021 | 14:59 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Danone Indonesia melalui Nutricia berkolaborasi dengan IPB University menghadirkan taman kehati Telaga Inspirasi IPB-Nutricia yang berlokasi di kampus IPB Darmaga, Bogor.

Kolaborasi ini bertujuan untuk melestarikan flora dan fauna endemik lokal yang terancam punah sekaligus membawa misi pemenuhan kebutuhan pangan sehat dan akses air bersih bagi sivitas akademik IPB, serta sebagai pusat edukasi, inspirasi dan inovasi bagi banyak pihak.

Connie Ang, CEO of Danone Specialized Nutrition Indonesia, mengatakan Taman kehati adalah bagian dari Sembilan Tujuan Jangka Panjang perusahaan yaitu melestarikan dan memperbarui sumber daya planet melalui kehidupan di bawah air dan kehidupan di darat. Hal itu merupakan kontribusi perusahaan untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa tahun 2030.

Connie Ang, CEO of Danone Specialized Nutrition Indonesia
Connie Ang, CEO of Danone Specialized Nutrition Indonesia

“Ini sejalan dengan visi “One Planet, One Health” untuk membawa kesehatan ke sebanyak mungkin masyarakat melalui nutrisi dan hidrasi sehat maupun program berkelanjutan,” ungkapnya di sela webinar Peresmian Taman Keanekaragaman Hayati Telaga Inspirasi IPB-Nutricia, Selasa (16/3).

Rektor IPB University Arif Satria menambahkan Telaga Inspirasi merupakan bentuk perhatian dan kepedulian IPB dan Nutricia terhadap kelestarian alam dan lingkungan hingga kesehatan masyarakat. Ia pun berharap Telaga Inspirasi dapat menjadi sarana edukasi, sarana rekreasi masyarakat umum dan kolega-kolega dari IPB, meningkatkan kepedulian masyarakat, hingga berdampak positif bagi kesehatan masyarakat maupun kelestarian lingkungan. Program ini merupakan kelanjutan kerja sama antara IPB dan Danone yang telah terjalin.

Rektor IPB University Arif Satria
Rektor IPB University Arif Satria

“Sebelumnya, kami telah berkolaborasi dalam pembentukan Panduan Isi Piringku untuk anak usia 4-6 tahun, hingga panduan GESID terkait gizi dan kesehatan reproduksi bagi remaja,” tambah Arif.

Arif menjelaskan Taman kehati Telaga Inspirasi IPB-Nutricia memiliki luas total 14 ha. Di dalamnya terdapat aneka hewan langka seperti kucing kuwuk, garangan, tupai kekes, burung cekakak, dan bajing kelapa. Sementara itu, untuk flora, beberapa yang ada di sana adalah pohon aprika, pohon kenari, pohon karet, pohon karet kebo, aneka jenis bambu, dan pohon mahoni. Aneka jenis ikan juga dibudidayakan di danau yang ada di sana.

Dengan kandungan air tawar, danau bisa menjadi sumber mata air guna kebutuhan sehari-hari makhluk hidup di sekitarnya, seperti untuk minum, mandi, dan keperluan lainnya.

Saat ini, danau tersebut telah mencukupi kebutuhan air bersih bagi 30.000 sivitas akademik IPB. Lahan yang tertata rapi dan akses jalan besar didesain untuk memancing warga sekitar nyaman untuk terlibat aktif dalam memelihara ekosistem.

Di kesempatan yang sama, Nancy Dewi Yuliana, Peneliti Nutrasetikal IPB University menjelaskan di banyak negara, sebagian besar orang bergantung pada lingkungan untuk pemenuhan pangan dan pendapatan. Ketidakseimbangan pada ekosistem lokal dapat berdampak negatif pada kemampuan manusia untuk mendapatkan penghasilan dan memenuhi kebutuhan pangan. Taman kehati memberikan berbagai manfaat untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Dalam konteks kesehatan, taman kehati menyediakan aset ketahanan pangan, meningkatkan aksesibilitas pangan bernutrisi, menyediakan akses terhadap air bersih, serta memberikan jasa ekosistem yang fungsinya sulit untuk digantikan.

“Dalam kaitannya dengan produktivitas, taman kehati dapat dimanfaatkan sebagai penyedia energi alternatif yang ramah lingkungan, menjadi sarana pengembangan ilmu pengetahuan dan pengembangan ekowisata,” tutupnya.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN