Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Dinas Dukcapil Tambah Waktu Pelayanan e-KTP

Senin, 19 Oktober 2015 | 11:45 WIB
ah

JAKARTA – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta berupaya mempercepat proses perekaman dan pencetakan KTP Elektronik atau E-KTP. Untuk mencapai target perampungan, seluruh Suku Dinas Dukcapil akan menambah waktu pelayanan mulai di tingkat kota hingga kelurahan.

 

Selain membuka loket hingga pukul 18.00 di hari kerja, layanan juga diberikan setiap akhir pekan. Setiap Sabtu, seluruh loket layanan KTP di kelurahan akan memberikan layanan mulai pukul 08.00-12.00.

 

Seperti halnya di Jakarta Timur, dari sebanyak 65 Kelurahan, seluruh petugas Satuan Pelayanan KTP sebanyak 140 orang, setiap Sabtu tetap bertugas memberikan layanan KTP. Mereka akan melayani warga mulai pukul 08.00-12.00.

 

“Ini merupakan perintah kepala dinas untuk mempercepat perekaman. Hingga Desember nanti kami menargetkan perekaman dan pencetakan sebanyak 278.421 orang yang belum selesai,” kata Kasudin Dukcapil Jakarta Timur Akhmad Fauzy, seperti dilansir beritajakarta.com, Sabtu (17/10).

 

Selain memberikan layanan akhir pekan, dikatakan Fauzy, pihaknya juga menginstruksikan penambahan waktu layanan. Setiap hari kerja, petugas tetap disiagakan hingga pukul 18.00. “Minggu ini kami merupakan kali pertama. Dengan penambahan waktu, kami berharap dapat merampungkan perekaman dan pencetakan sesuai target Desember mendatang,” ujar Fauzy.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil DKI Edison Sianturi mengatakan, serentak di seluruh wilayah mulai pekan ini pihaknya menambah waktu layanan. Selain itu, khusus bagi warga Kepulauan Seribu, kini dapat melakukan pencetakan di Dinas Dukcapil.

 

“Bagi warga Kepulauan Seribu, untuk melakukan perekaman dapat dilakukan di seluruh suku dinas di DKI Jakarta. Jadi seperti mahasiswa warga pulau yang sedang di darat bisa merekam di sudin tempat domisilinya,” kata Edison.

 

Berdasarkan data, hingga bulan Mei, masih ada 2.000 warga Kepulauan Seribu yang belum terekam, hingga Oktober sebagian diantara sudah direkam. Sedangkan sisanya sekitar 1.000 warga yang belum akan dikebut hingga Desember mendatang. (ris)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN