Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi petani panen padi. (Foto: BeritaSatu Photo/Ruht Semiono)

Ilustrasi petani panen padi. (Foto: BeritaSatu Photo/Ruht Semiono)

DPR Apresiasi Kontribusi Pertanian untuk Pemulihan Ekonomi

Kamis, 22 September 2022 | 12:55 WIB

JAKARTA, investor.id - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengapresiasi kontribusi sektor pertanian terhadap pemulihan ekonomi nasional.

Hal ini disampaikan Anggota Komisi IV DPR Abdullah Tuasikal dalam rapat kerja bersama Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo di Gedung Parlemen, Jakarta Pusat, Rabu (21/9).

"Kami mengapresiasi Kementan karena telah membawa sektor pertanian menjadi kontributor utama pada pemulihan ekonomi nasional dengan terus tumbuh meskipun dalam masa pandemi," ujar Tuasikal.

Menurut dia, di antara yang mengalami pertumbuhan itu adalah produksi beras, nilai tukar petani (NTP), nilai tukar usaha petani (NTUP), nilai ekspor dan perbaikan lain yang dikemas melalui berbagai program super prioritas seperti food estate, geratieks, taksi alsintan dan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Maka dari itu kami menyayangkan penurunan pagu anggaran Kementan tahun 2023. Kami akan memberikan dukungan anggaran pada sektor pertanian, sehingga Kementan dapat meningkatkan kinerja untuk terus berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi," katanya.

Anggota Komisi IV lainnya Muhammad Dhevy Bijak mendukung penuh langkah Kementan dalam mendorong para petani untuk menggunakan pupuk organik sebagai alternatif penggunaan pupuk subsidi. Karena itu, Dhevy setuju kalau ruang anggaran pupuk organik mendapat perhatian besar dari pemerintah.

"Fraksi Partai Demokrat mendorong Kementan untuk meningkatkan penggunaan pupuk organik terutama pada program UPPO yang harus dioptimalkan penggunaannya," katanya.

Dari Fraksi Golkar, Hanan A Razak mengaku setuju kalau penggunaan anggaran APBN yang ada saat difokuskan pada semua kegiatan Kementan yang berkaitan dengan peningkatan produksi dan kesejahteraan petani. Karena itu, Hanan meminta agar usulan anggran yang disampaikan dapat diteruskan ke Badan Anggaran.

"Atas nama Partai Golkar tentunya kami menyetujui dan mendukung kegiatan yang dibiayai APBN kemudian diteruskan ke Badan Anggaran untuk ditetapkan," jelasnya

Editor : Jayanty Nada Shofa (JayantyNada.Shofa@beritasatumedia.com)

Sumber : PR

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com