Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Anggota Komisi IV DPR bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan kunjungan ke Kalimantan Timur, Selasa 19 April 2022. (Foto: Dok. KKP)

Anggota Komisi IV DPR bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan kunjungan ke Kalimantan Timur, Selasa 19 April 2022. (Foto: Dok. KKP)

DPR Dukung KKP Bangun Perikanan Kaltim

Rabu, 20 April 2022 | 19:50 WIB

BALIKPAPAN, investor.id - Komisi IV DPR memberikan dukungannya terhadap Kementererian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk memajukan perikanan provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Hal ini terungkap saat kunjungan Anggota Komisi IV DPR ke Kaltim, Selasa (19/4).

"Kunjungan kerja KKP dan Komisi IV DPR RI  ini jadi bukti komitmen dan kekompakan dalam membangun sektor kelautan dan perikanan di Kaltim," kata Plt. Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), Hari Maryadi saat mendampingi DPR mewakili KKP dalam kunjungan ke Kaltim.

Hari mengungkapkan, produksi perikanan budidaya di Provinsi Kaltim pada tahun 2021 tercatat sebesar 160.240 ton. Menurutnya, angka produksi tersebut masih bisa ditingkatkan mengingat kebutuhan konsumsi ikan di Kaltim akan terus bertambah seiring dengan kebijakan pemerintah menetapkan Penajam Pasir Utara sebagai Ibu Kota Negara.

"Kami sangat yakin produksi ini masih bisa ditingkatkan, itulah kenapa salah satu program prioritas Bapak Menteri Trenggono adalah memperbanyak Kampung Budidaya," ujarnya.

Khusus di Kaltim sendiri, KKP mencanangkan program prioritas Kampung Budidaya di Kabupaten Kutai Kartanegara untuk komoditas ikan nila. Selain itu, KKP juga telah mencanangkan Kampung Budidaya komoditas kerapu di Kabupaten Berau.

"KKP pada tahun 2022 mengalokasikan anggaran bantuan pemerintah di Provinsi Kalimantan Timur sebesar Rp16,8 miliar," terang Hari. 

Sebagai informasi, anggota Komisi IV DPR yang hadir dalam kunjungan kerja ke Kaltim meliputi G. Budisatrio Djiwandono, Teti Rohatiningsih, Azikin Solthan.

Turut hadir Endang Setyawati Thohari, Sulaeman L. Hamzah, Abdullah Tuasikal, Luluk Nur Hamidah, Guntur Sasono, Bambang Purwanto, Hermanto, Johan Rosihan dan Muhammad Syafrudin.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menegaskan akselerasi implementasi 3 program prioritas KKP. Ketiganya yakni penangkapan ikan terukur, pengembangan perikanan budidaya berorientasi komoditas unggulan ekspor, dan pembangunan kampung-kampung perikana budidaya berbasis kearifan lokal.

Editor : Jayanty Nada Shofa (JayantyNada.Shofa@beritasatumedia.com)

Sumber : PR

BAGIKAN