Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Dukung Jalur Sepeda

Gora Kunjana, Kamis, 30 Maret 2017 | 12:54 WIB

Apresiasi pantas diberikan kepada Pemerintah Kota Yogyakarta yang telah menyediakan jalur sepepada di sejumlah ruas jalan kota budaya ini. Namun, alangkah baiknya bila pemerintah terus mengevaluasi keberadaan jalur sepeda itu, terutama untuk tetap menjaga efektivitas keberadaan jalur sepeda itu bagi pesepeda. Syukur-syukur bila memungkinkan ada penambahan jalur sepeda.


Evaluasi secara menyeluruh mengenai keberadaan jalur sepeda yang sudah tersedia di sejumlah ruas jalan di Kota Yogyakarta tak bisa ditunda-tunda.


Kami yakin bahwa pemerintah Kota Yogyakarta tidak asal membuat jalur sepeda, tetapi sudah melalui sejumlah pertimbangan agar jalur sepeda berada di lokasi yang layak. Jalur sepeda sudah mempertimbangkan lebar jalan yang lebih dari delapan meter dan tidak ada aktivitas ekonomi lama yang ada di sepanjang ruas jalan tersebut.


Aktivitas ekonomi berpotensi meningkatkan volume kendaraan yang akan menggunakan ruas jalan tersebut sebagai lokasi parkir, terlebih jika usaha atau toko tidak memiliki lahan parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan.


Pantauan saat ini, kendaraan yang parkir di tepi jalan kerap dikeluhkan pengguna sepeda saat melintasi jalur sepeda. Sebab, jalur mereka terhalang mobil atau kendaraan yang parkir.


Selama ini, jalur sepeda dibuat dengan memberikan marka kuning selebar sekitar satu meter dari tepi jalan dan dilengkapi dengan gambar sepeda di sejumlah titik.


Kalaupun tahun ini tidak memungkinkan penambahan jalur sepeda, Pemerintah Kota Yogyakarta tetap harus melakukan pemeliharaan dengan mengecat ulang marka jalur sepeda. Pemeliharaan marka jalan paling tidak harus dilakukan dengan pengecatan ulang.



Danang Purwanto

Yogya

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA