Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pandu Riono, Epidemiolog UI. Sumber: BSTV

Pandu Riono, Epidemiolog UI. Sumber: BSTV

Epidemiolog: Semua Pelaku Perjalanan Wajib Bawa Hasil Test Covid-19

Jumat, 23 April 2021 | 22:07 WIB
Maria Fatima Bona

JAKARTA, investor.id -  Epidemiolog dari Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono mengatakan, semua pelaku perjalanan baik  jalur udara, darat, dan laut baik itu perjalanan dinas maupun perjalanan pribadi harus membawa surat keterangan hasil polymerase chain reaction (PCR)  atau  swab antigen.

“Semua pelaku perjalanan harus berlaku sama, baik kereta maupun pesawat  atau perjalanan pribadi harus membuat surat keterangan swab PCR atau antigen. Kalau enggak bawa langsung  test di tempat,” kata Pandu saat dihubungi Beritasatu.com, Jumat (23/4/2021).

Semua wajib membawa  hasil swab  Covid-19  masih berlaku bagi setiap orang, menurut Pandu sebagai strategi untuk menyeleksi orang. Pasalnya, jika dibiarkan akan seperti di India, Indonesia akan mengalami peningkatkan kasus. Apalagi ada mutasi virus baru yang penyebarannya sangat cepat.

Oleh karena itu, Pandu juga mendorong  pelaku perjalanan dari luar negeri  siapapun  harus dites  lagi walaupun membawa surat keterangan hasil PCR  tidak hanya warga negara asal India. Pasalnya, virus B117 ini sudah mengglobal  di seluruh dunia.

“Di Thailand saat  sekarang lagi ada kenaikan kasus karena virus B117, jadi sesama negara Asean itu sudah enggak aman lagi,” ucapnya.

Menurut Pandu, bagi yang terpaksa harus tetap melakukan perjalanan  harus melakukan skrining  menggunakan  tes Covid-19 yang akurat. 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN