Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Fadil  di Mapolda Metro Jaya, Sabtu (20/3/2021). Sumber: BSTV

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Fadil di Mapolda Metro Jaya, Sabtu (20/3/2021). Sumber: BSTV

ETLE Mobile Tak Hanya Merekam Pelanggar Tapi Juga Perilaku Anggota

Sabtu, 20 Maret 2021 | 12:21 WIB
Bayu Marhaenjati

JAKARTA, investor.id - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, meluncurkan 30 unit kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) mobile yang dapat merekam pelanggaran lalu lintas secara bergerak atau tidak hanya di satu titik, hari ini. Selain pelanggar, alat itu juga bisa merekam perilaku anggota.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Fadil Imran mengatakan, ETLE mobil merupakan terobosan kreatif Ditlantas Polda Metro Jaya dalam mengatasi terbatasnya kamera ETLE stationer di jalan Ibu Kota. Semisal, terjadi aksi balapan liar di jalan, maka ETLE mobile ini akan merapat ke titik sasaran dan akan langsung merekam pelanggaran lalu lintas di sana.

"Mekanisme penegakan hukum melalui ETLE portable ini akan berjalan seperti ETLE statis. Ini merupakam terobosan kreatif sehingga pelanggaran lalu lintas bisa kita cover di titik-titik yang tidak ada kamera statis. Sekaligus juga dapat mengontrol perilaku petugas di lapangan, karena ETLE mobile tidak hanya merekam perilaku pelanggar lalu lintas, dia juga merekam perilaku anggota yang bertugas di lapangan," ujar Fadil, di Mapolda Metro Jaya, Sabtu (20/3/2021).

Dikatakan Fadil, ETLE mobile atau portable ada beberapa jenis, seperti body cam yang bisa dimanfaatkan berkomunikasi dengan pelanggar lalu lintas, kemudian helmet cam yang menempel di helm anggota ketika berpatroli sehingga mampu merekam pelanggaran lalu lintas dengan baik.

"Kemudian dash cam itu ada di dalam mobil sehingga anggota yang melaksanakan patroli mampu merekam pelanggaran-pelanggaran lalu lintas yang terjadi," ungkapnya.

Fadil menyampaikan, jenis pelanggaran lalu lintas yang bisa dicover ETLE mobile sama dengan ETLE statis.

"Kelebihannya ini bisa mobile jadi misalnya, sering terjadi pelanggaran lalu lintas di Perempatan Grogol yang belum dicover ETLE ini bisa ditempatkan di sana. Ini akan sangat baik sekali ke depan untuk menjaga ketertiban perilaku lalu lintas, perilaku pengemudi di lapangan agar tertib berkendara," katanya.

Menurut Fadil, ETLE mobile merupakan buah dari kerja keras yang dilakukan Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo untuk terus mengembangkan inovasi.

"Saya apresiasi. Karena orang lain masih berpikir ETLE statis, pak Dirlantas ini sudah berpikir mobile tidak terbatas hanya mengembangkan yang ada di jalan-jalan utama," tandasnya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN