Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Bentuk lintasan Formula E di Kawasan Ancol, Jakarta Utara. Foto: Istimewa

Bentuk lintasan Formula E di Kawasan Ancol, Jakarta Utara. Foto: Istimewa

Formula E Momentum Jadikan Ancol Kawasan Percontohan Rendah Emisi

Kamis, 30 Desember 2021 | 22:22 WIB
Yustinus Paat

JAKARTA, investor.id  - Pengamat Lingkungan Nirwono Joga menilai penyelenggaran Formula E merupakan momentum yang tepat untuk menjadikan Ancol sebagai proyek percontohan kawasan rendah emisi atau low emission zone (LES) di Jakarta.

Ancol, kata Nirwono, tidak sekadar menjadi lokasi penyelenggaraan balap mobil listrik tersebut, tetapi sekaligus menjadi proyek percontohan kawasan rendah emisi sebagaimana salah satu tujuan mendasar dari Formula E.

“Kalau kita bicara Jakarta bebas polusi dengan rencana penyelenggaraan Formula E. Saya justru melihat dengan penetapan Formula E di Ancol, maka kita mendorong Ancol sebagai proyek percontohan. Percontohan apa? Ini tidak sekadar Ancol menjadi penyelenggaraan Formula E, tetapi kita bisa melihat umpamanya Ancol menjadi kawasan rendah emisi,” ujar Nirwono saat diskusi virtual Balkoters Talks berjudul ‘Tekan Emisi, Jakarta Bebas Polusi’ pada Kamis (30/12/2021).

Nirwono Joga. Sumber: BSTV
Nirwono Joga. Sumber: BSTV

Dengan konsep kawasan rendah emisi, kata Nirwono, Ancol akan membangun pedesterian mall, dibangun jalur sepeda yang banyak serta transportasi internal yang ramah lingkungan atau kendaraan listrik.

Selain itu, kata dia, dibangun kawasan Hutan Kota di Ancol seperti Ecopark sehingga taman hiburan, taman fantasi termasuk sirkuit Formula E terasa berada di dalam hutan.

"Nah ini kesempatan kita untuk mengembangkan Ancol sebagai hutan kota. Bahkan gambaran umumnya nanti pembangunan sirkuitnya (Formula E) pun suasananya seperti di tengah hutan untuk memperjelas posisinya Ancol," jelas dia.

Kemudian, kata Nirwono, menerapkan bangunan gedung hijau di seluruh Ancol. Dia mencontohkan memanfaatkan EBT atau panel surya di seluruh bangunan di Ancol. Lalu, perlu penerapan pengelolaan sampah dan limbah ramah lingkungan atau zero waste di kawasan Ancol.

"Terakhir mendorong transportasi publik berbasis listrik ke Ancol. Jadi didukung MRT, LRT nantinya, mengoperasionalkan seluruh bus listrik yang dimiliki Transjakarta sebelum, selama, dan sesudah Formula E. Ini contoh di balik Formula E, ada peluang untuk menjadikan Ancol sebagai proyek percontohan kawasan bebas polusi. Jadi kalau kita bicarakan Jakarta kawasan bebas polusi, kita bisa mulai dari Ancol," pungkas Nirwono. 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN