Menu
Sign in
@ Contact
Search
Penyandang disabilitas mengikuti simulasi pelaksanaan pemungutan suara di kantor KPU Pusat, Jakarta, Selasa (22/3/2022). Foto: BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao

Penyandang disabilitas mengikuti simulasi pelaksanaan pemungutan suara di kantor KPU Pusat, Jakarta, Selasa (22/3/2022). Foto: BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao

Gerindra Setuju Nomor Urut Parpol Tidak Diubah

Rabu, 21 September 2022 | 11:38 WIB
Yustinus Paat (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman setuju dengan ide Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri agar nomor urut partai politik di Pemilu 2024 tidak diubah.

Menurut Habiburokhman, ide tersebut bisa menjadi salah satu upaya memangkas cost politik yang terlalu tinggi. “Kalau menurut saya bagus ya ide tersebut. Kenapa? karena itu cost besar sekali kalau mesti cetak lagi nomor urut yang berbeda. Dari segi efisiensi ya,” ujar Habiburokhman kepada wartawan, Rabu (21/9/2022).

Baca juga: Megawati Kembali Usul Nomor Urut Parpol Peserta Pemilu Tidak Diubah

Perubahan nomor urut, kata Habiburokhman, membuat mereka harus mencetak baru lagi bahan dan alat kampanye, seperti spanduk, bendera, dan lainnya. Dirinya saja hingga saat ini masih menyimpan bendera untuk kampanye dari pemilu 2014 dan 2019. Menurut dia, untuk mengubah atau menyablon satu bendaranya saja biayanya 1/3 dari biaya cetak keseluruhan.

“Dan juga kan tetap dari segi estetika nggak gampang diubah kalau bendera itu, nomor urutnya. Kaus-kaus juga demikian, kalau ganti nomor kan ya susah. Padahal, itu besar komponen di situ. Dari segi efisiensi itu menurut saya bisa jadi salah satu taktik mengatasi high cost politik,” ungkap dia.

“Di Pileg juga begitu, bisa sepertiganya biaya itu, alat peraganya. Jadi jangan pula dibilang, ‘wah kampanyenya harus lebih dialogis’. Sudahlah, kita semua paham semuanya perlu, kampanye dengan alat peraga perlu, kampanye dialogis lebih perlu, tetapi nggak bisa diabaikan. Jangan naiflah,” tegas dia menambahkan.

Baca juga: Pemerhati Politik: Parpol Harus Optimistis Usung Calon Pemimpin Alternatif

Namun, kata dia, usulan Megawati tersebut perlu dibahas oleh semua partai politik dengan melibatkan pemerintah dan KPU. Termasuk, kata dia, partai baru dan jika mereka keberatan, maka pihaknya juga tidak memaksakan ide Megawati tersebut diterapkan di Pemilu 2024.

“Ya disampaikan saja, kan ini bicara sistem ya. Partai-partai baru nanti kalau memang dia keberatan ya disampaikan saja ke KPU. Kita terima hasilnya, kita nggak akan maksa juga,” pungkas Habiburokhman.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengatakan dirinya pernah mengusulkan kepada KPU, agar nomor partai politik peserta pemilu di pemilu lalu, tidak diubah untuk pemilu 2024 dan berikutnya. Saat pelantikan Abdullah Azwar Anas sebagai menteri beberapa waktu lalu, kata Megawati dirinya kebetulan berjalan bersama dengan petinggi KPU, Bawaslu, dan presiden.

“Jadi, dari PDI Perjuangan, kami mengusulkan kepada KPU untuk melihat kembali, karena ini mengikat dengan masalah perundangan, tapi pengalaman dua kali pemilu, sebenarnya yang namanya tanda gambar itu, nomor itu, sebenarnya saya katakan kepada bapak presiden dan ketua KPU dan Bawaslu, bahwa itu terlalu menjadi beban bagi partai," kata Megawati, dikutip Sabtu (17/9/2022).

Baca juga: Gerindra Sampaikan 3 Alasan Usung Prabowo di Pilpres 2024

"Kan secara teknis, itu kan harus ganti lagi dengan bendera atau alat peraga yang begitu banyak. Saya tentu sebagai partai, saya bilang boleh saja dong mengusulkan, nanti kalau partai lain saya belum tahu, tapi ini prinsip,” tambahnya.

Menurut Megawati, dirinya melihat KPU sangat bisa mengerti dan memahami keinginan itu. Dia mencontohkan, PDIP yang pada pemilu lalu mendapat nomor 3 dan terus memakainya. Partai baru dan lolos verifikasi bisa mendapat nomor lain yang belum menjadi nomor parpol yang sudah pernah jadi peserta pemilu, seperti PDIP dengan nomor 3.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com