Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Presiden Jokowi bertolak ke Amerika Serikat, Selasa (10/5), guna menghadari KTT Asean-AS.

Presiden Jokowi bertolak ke Amerika Serikat, Selasa (10/5), guna menghadari KTT Asean-AS.

Hadiri KTT Khusus Asean-AS, Presiden Jokowi Bertolak ke Washington

Selasa, 10 Mei 2022 | 08:04 WIB
Novy Lumanauw (novy@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninggalkan Tanah Air menuju Washington DC, Amerika Serikat (AS), untuk menghadiri KTT Asean-AS, pada 12-13 Mei 2022.

“Hari ini, Selasa (10/5), saya dan delegasi akan berangkat melaksanakan kunjungan kerja ke Washington DC, Amerika Serikat, mulai 11-13 Mei 2022,” kata Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers di VVIP Room Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta, Selasa (10/5/2022).

Advertisement

Baca juga: Presiden Jokowi Apresiasi Pengelolaan Arus Mudik dan Balik

Presiden Jokowi mengatakan bahwa bersama para pemimpin negara-negara Asia Tenggara (Asean) lainnya. Jokowi akan berpartisipasi dalam rangkaian pertemuan KTT Khusus Asean-AS selama dua hari.

“Adapun rangkaian pertemuan yang saya hadiri adalah pertemuan dengan anggota Kongres AS, pimpinan perusahaan setingkat chief executive officer (CEO) perusahaan besar AS, Wakil Presiden AS Kamala Harris beserta Tim Perubahan Iklim Amerika Serikat, serta pertemuan tingkat tinggi pemimpin Asean dan Presiden Joe Biden,” jelas Presiden Jokowi.

Dia mengatakan, Indonesia kini memegang koordinator kemitraan Asean-Amerika Serikat, periode 2021-2024. “Indonesia berharap KTT Khusus ini akan menghasilkan kerja sama yang dapat berkontribusi bagi perdagangan Indonesia-AS,” katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi Menikmati Pantai Nusa Dua Bali Bersama Cucu

Pada 2021, KTT Asean-AS diselenggarakan secara virtual akibat kondisi pandemi Covid-19 yang masih melanda berbagai belahan dunia. Presiden AS Joe Biden akan bertemu untuk membahas cara dan sarana untuk mengintensifkan kerja sama di berbagai bidang.

Kerja sama dimaksudkan, di antaranya penanganan Covid-19, keamanan kesehatan global, perubahan iklim, pembangunan berkelanjutan, kerja sama maritim, pengembangan sumber daya manusia, pendidikan, serta konektivitas dan keterlibatan ekonomi.

Para pemimpin Asean dan AS juga akan saling bertukar pandangan tentang isu-isu regional dan internasional yang menjadi perhatian dan kepentingan bersama.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN