Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Situasi Terminal Pulogebang pada Hari Pertama Masa Pelarangan Mudik, 6 Mei 2021. Foto: Terminal Pulogebang

Situasi Terminal Pulogebang pada Hari Pertama Masa Pelarangan Mudik, 6 Mei 2021. Foto: Terminal Pulogebang

HARI PERTAMA LARANGAN MUDIK,

Hanya 7 Penumpang Bus Berangkat dari Terminal Pulogebang

Kamis, 6 Mei 2021 | 15:05 WIB
Yustinus Paat

JAKARTA, investor.id  - Kepala Terminal Bus Terpadu Pulogebang Bernard Pasaribu mengatakan hingga pukul 12.00 WIB, Kamis (6/5/2021), hanya 7 penumpang yang berangkat dari terminal Pulogebang. Ketujuh penumpang ini berangkat menuju Pekalongan dan Solo dengan 2 bus antarkota antarprovinsi (AKAP).

“Hari ini sudah diberlakukan pelarangan mudik mulai Pukul 00.00 WIB dan sampai tadi Pukul 12.00 WIB tadi ada keberangkatan dengan keperluan pekerjaan sebanyak 7 penumpang, 4 orang arah Pekalongan, 3 orang arah ke Solo. Cuma 2 bus yang berangkat,” ujar Bernard saat dihubungi, Kamis (6/5/2021).

Bernard mengatakan ketujuh penumpang ini merupakan penunpang yang melakukan perjalanan untuk kepentingan dinas. Dokumen-dokumen perjalanan, mulai dari surat tugas yang berasal instansi tempat bekerja hingga hasil PCR (Polymerase Chain Reaction) atau Swab Antigen atau GeNose yang menyatakan negatif dari Covid-19, kata Bernard telah diperiksa dan memenuhi syarat. “Iya, wajib melampirkan (dokumen-dokumen perjalanan),” tandas dia.

Terkait jumlah bus yang disiagakan, kata Bernard, disesuaikan dengan jumlah penumpang yang ada. Pasalnya, tidak mungkin satu bus AKAP akan berangkat hanya untuk mengantar satu orang penumpang.

“Karena keterbatasan penumpang, bus itu disediakan apabila ada permintaan penumpang. Kasihan juga kan bus-bus ini, kalau hanya satu penumpang, kasihan juga kalau dia berangkat. Mungkin dia nunggu penumpang berapa banyak, baru dia berangkat,” jelas dia.

Sementara jumlah penumpang yang masuk melalui terminal Pulagebang, kata dia, kurang lebih 24 orang dari daerah Jawa Tengah dan menggunakan 8 bus. Dia menilai 8 bus tersebut telah melewati penyekatan-penyekatan yang dilakukan aparat gabungan Polisi, TNI, Kemenhub dan Pemda setempat.

“(Untuk petugas yang jaga) Kita sudah ada perbantuan dari TNI-Polri, Satpol PP, dari Kemenhub juga sudah ada, tiap hari sudah mulai,” pungkas Bernard.

Berdasarkan foto yang diterima Beritasatu.com, terlihat situasi Terminal Pulogebang masih sepi. Hanya terparkir 3 bus AKAP yang disiagakan dan menunggu penumpang.

Sebagaimana diketahui, Terminal Pulogebang merupakan salah satu terminal yang diizinkan beroperasi selama masa pelarangan mudik dari 6 Mei hingga 17 Mei 2021 mendatang. Selain Terminal Pulogebang, juga terminal Kalideres dibuka selama masa pelarangan mudik.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN