Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Dokumen Divisi Humas Polri).

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Dokumen Divisi Humas Polri).

HUT ke-71 Korpolairud, Kapolri: Negara Hadir di Wilayah Indonesia

Rabu, 1 Desember 2021 | 17:02 WIB
Bayu Marhaenjati

JAKARTA, investor.id  - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, meminta kepada jajaran Korps Kepolisian Air dan Udara (Korpolairud) Baharkam Polri untuk terus menjadi representasi kehadiran negara di setiap wilayah Indonesia. Termasuk, mendukung pengendalian dan penanganan Covid-19.

"Harapan kami, jajaran Polairud khususnya untuk terus bisa mengoptimalkan pelaksanaan tugasnya guna mewujudkan representasi negara hadir di setiap wilayah yang membutuhkan kehadiran negara dan membutuhkan kehadiran Polri," ujar Listyo, ketika menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Korpolairud Baharkam Polri, di Mako Ditpoludara, Pondok Cabe, Rabu (1/12/2021).

Dikatakan Listyo, Korpolairud juga harus siap menghadapi berbagai macam tantangan tugas yang ada saat ini dan ke depannya. Diantaranya adalah mengoptimalkan kegiatan dalam membantu pengendalian dan penanganan Pandemi Covid-19.

Listyo menyampaikan, tugas Korpolairud menjadi sentral dalam rangka pengendalian Covid-19, di wilayah kepulauan. Semisal, akselerasi percepatan vaksinasi ke masyarakat yang berada di pulau terluar atau akses daratnya sulit.

"Mulai dari distribusi vaksin, kemudian akselerasi vaksin pulau terluar di wilayah-wilayah perairan. Di mana masyarakat juga tentunya perlu mendapatkan bantuan vaksinasi, termasuk juga distribusi logistik yang terkait," ungkapnya.

Listyo mendorong, Korpolairud melakukan akselerasi atau percepatan vaksinasi agar dapat mengantisipasi penyebaran Covid-19, termasuk varian baru Omicron dengan menyiapkan gerai-gerai vaksin di wilayah perairan hingga distribusi logistik vaksinasi yang tentunya memerlukan pengamanan karena berada di wilayah terpencil atau antar-pulau.

"Sehingga program pemerintah dalam rangka mewujudkan capaian vaksinasi 70% di tahun ini dan ke depan akan terus terlaksana. Adanya berbagai varian baru termasuk Omicron saat ini menjadi kewaspadaan kita. Tentunya rangkaian pengendalian Covid-19 mulai dari bagaimana memperkuat protokol kesehatan, mulai dari 3M, 3T dan akselerasi vaksinasi betul-betul bisa kita laksanakan," katanya.

Pada kesempatan itu, Listyo juga meresmikan sembilan helikopter guna memperkuat dan mengoptimalisasi pelaksanaan tugas Korpolairud dalam menciptakan keamanan serta ketertiban di perairan Indonesia.

Diharapkan, helikopter itu menjadi sarana dan prasarana penunjang Korpolairud sehingga semakin optimal dalam melakukan mobilisasi pemantauan dan pengawasan di beberapa kawasan yang sedang dikembangkan oleh pemerintah. Semisal kawasan industri, pariwisata ataupun kawasan strategis nasional lainnya yang tentunya memerlukan kehadiran Polri.

"Karena itu tentunya dengan kehadiran helikopter yang baru ini, mobilitas dan sekaligus pengawasan serta pemantauan melalui udara terhadap kawasan tersebut juga akan semakin baik," jelasnya.

Listyo menuturkan, helikopter yang merupakan peralatan utama Polisi Udara ini juga akan dimaksimalkan untuk menyukseskan sejumlah agenda nasional dan internasional di Indonesia.

"Kita juga akan menghadapi beberapa tantangan tugas terkait penyelenggaraan event nasional maupun internasional. Terkait presidensi tentunya membutuhkan pengamanan. Kami tentunya akan persiapkan semuanya agar bisa menjadi lebih baik," katanya.

Listyo juga meminta kepada seluruh jajaran Korpolairud untuk selalu berada di garis terdepan dan responsif untuk membantu masyarakat yang menjadi korban bencana alam.

"Terkait juga tantangan tugas dengan adanya berbagai macam kondisi bencana yang ada baik longsor, bencana perairan tentunya memerlukan kehadiran Polri. Kita harapkan kita akan jauh lebih baik dengan adanya sarana dan prasarana baru yang kita miliki. Demikian juga dengan tantangan tugas yang lain," tandasnya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN