Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi sampah plastik

Ilustrasi sampah plastik

IBM-the Alliance Ciptakan Platform untuk Melacak Sampah Plastik Global

Senin, 25 Januari 2021 | 08:35 WIB
Investor Daily

JAKARTA, investor.id – Sampah plastik adalah masalah besar dan tidak dapat diselesaikan sendiri. Perlu menyatukan industri, pemerintah dan institusi antar pemerintah serta organisasi non-pemerintah untuk mengembangkan dan berinvestasi dalam proyek yang memanfaatkan sumber daya kolektif dan keahlian teknis mereka. Partisipasi masyarakat juga diperlukan untuk peduli terhadap sampah plastik dan mengambil tindakan nyata misalnya tidak menggunakan plastik sekali pakai.

The Alliance to End Plastic Waste (the Alliance) dan mitra pendukungnya, IBM telah mengumumkan kolaborasi untuk merancang platform data baru guna membantu pemangku kepentingan di seluruh rantai nilai untuk melacak sampah plastik dan pemulihan secara global.

Platform ini akan memungkinkan pengumpulan dan konsolidasi data yang dapat ditindaklanjuti di berbagai bidang seperti konsumsi dan pengumpulan plastik; sampah plastik yang dihasilkan dan bocor ke lingkungan; pengelolaan sampah dan solusi daur ulang yang tersedia.

Kolaborasi ini akan memanfaatkan pengalaman dan penggunaan teknologi IBM termasuk cloud, AI, dan blockchain. Baca https://endplasticwaste.org/en/news/ibm-and-the-alliance-to-end-plastic-waste-to-create-data-platform

Diperluas sampai ke Tiongkok

Organisasi nirlaba internasional, the Alliance to End Plastic Waste (the Alliance), dan akselerator startup, Plug and Play, memperluas kemitraan Platform Inovasi Mengakhiri Sampah Plastik ke Tiongkok, yang telah berkomitmen menjadi negara dengan karbon netral pada tahun 2060.

Plug and Play di Tiongkok diharapkan mendukung ekosistem inovasi keberlanjutan yang dinamis di negara tersebut. Tiongkok adalah lokasi keempat tempat Plug and Play diluncurkan setelah Silicon Valley, Paris, dan Singapura. Platform ini mendukung perusahaan rintisan yang dapat memengaruhi rantai nilai plastik dan mengubah pengelolaan sampah plastik di seluruh dunia. Sejak diluncurkan, Plug and Play telah menarik lebih dari 2.000 startup dan lebih dari tiga juta dolar modal telah diinvestasikan dan disebarkan.  

Baca https://endplasticwaste.org/EN/NEWS/THE-END-PLASTIC-WASTE-INNOVATION-PLATFORM-EXPANDS-TO-CHINA

Pengolahan sampah organik di Bali  

Pernah bertanya-tanya bagaimana pemisahan sampah plastik dari sampah organik membantu memberikan nilai tambah bagi masyarakat, lingkungan, serta seluruh pemangku kepentingan yang terlibat dalam pengumpulan, pengolahan, dan penggunaan produk siap pakai?

Joi Danielson yang berbasis di Bali, Pendiri Vital Ocean dan SYSTEMIQ Partner, melihat studi kasus yang telah berhasil dari proyek Daur Ulang Temesi yang memproses sebanyak 10.000 ton sampah organik setiap tahun, dan telah menerima penghargaan dari Program Lingkungan PBB.  

Baca https://endplasticwaste.org/Our-Stories/How-Organic-Waste-Processing-in-Bali-Helps-Build-a-Viable-Circular-Economy-for-Plastic

Atasi polusi plastik laut global

The Alliance to End Plastic Waste (the Alliance)  juga bekerja sama dengan Lembaga Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) untuk mengatasi polusi plastik di laut secara global dengan menerapkan solusi lokal di kota-kota yang mengalami urbanisasi pesat di Asia. The Alliance akan bekerja melalui program USAID “Clean Cities, Blue Ocean” untuk mengidentifikasi dan secara kolaboratif menerapkan solusi lokal untuk mengurangi dan mencegah sampah plastik di darat memasuki saluran air dan berakhir di laut.

Baca https://endplasticwaste.org/en/news/the-alliance-to-end-plastic-waste-and-usaid-partner-to-address-global-ocean-plastics-pollution

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : PR

BAGIKAN