Menu
Sign in
@ Contact
Search
Arus kendaraan melintas saat hujan disertai angin kencang.

Arus kendaraan melintas saat hujan disertai angin kencang.

Jabodetabek Berpotensi Kembali Diguyur Hujan

Rabu, 5 Oktober 2022 | 07:54 WIB
Hendro D Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id – Warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) diminta mewaspadai hujan sedang hingga lebat hari ini, Rabu (5/10/2022). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan hujan bakal disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG, pada pagi hari hujan ringan terjadi di wilayah Jakarta Pusat dan Kepulauan Seribu, sementara wilayah Jakarta lainnya berawan.

Namun siang hingga sore hari, hujan mengguyur semua wilayah Jakarta. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi mengguyur wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Barat dan Jakarta Timur. Hujan ringan bakal terjadi di Jakarta Pusat, Jakarta Timur dan Kepulauan Seribu.

Baca juga: Menteri LHK: Ini Merupakan Komitmen Indonesia Atas Perubahan Iklim 

Saat memasuki malam hari, semua wilayah Jakarta masih diguyur hujan ringan. BMKG mencatat suhu udara wilayah DKI Jakarta berkisar antara 24 hingga 31 derajat celsius, sedangkan kelembapan udara berkisar antara 70% sampai 95%.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan disertai angin kencang di wilayah Jakbar, Jaksel dan Jaktim pada sore hari hingga menjelang malam hari" demikian peringatan cuaca dari BMKG untuk wilayah Jakarta.

Di wilayah penyangga Jakarta yang berada di Provinsi Jawa Barat, yakni Depok, Bekasi dan Bogor, pada pagi hari bercuaca berawan.

Namun pada siang hingga sore hari, ketiga wilayah tersebut berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Saat malam hari, wilayah Bekasi, Depok dan Bogor masih diguyur hujan ringan hingga sedang.

Demikian juga dengan wilayah penyangga Jakarta yang terletak di Provinsi Banten, yakni Tangerang. Mengawali pagi hari, Tangerang hingga berawan hingga hujan ringan. Pada siang hingga sore hari, cuaca berawan hingga hujan sedang. Sementara di malam hari masih berpotensi hujan ringan.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto mengatakan, hasil monitor perkembangan kondisi cuaca di seluruh Indonesia khususnya DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten saat ini terdapat tanda-tanda dinamika atmosfer yang signifikan yang dapat berdampak pada peningkatan curah hujan di berbagai wilayah Indonesia.

“Hasil analisis dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya kurva dan perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan pola konvektif,” kata Guswanto.

Selain itu, menurutnya, fenomena aktif Madden Jullian Oscillation (MJO) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby khatulistiwa dan gelombang Kelvin dapat memaksimalkan potensi pertumbuhan awan hujan di berbagai wilayah Indonesia dalam beberapa hari mendatang.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprediksi potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang hingga 8 Oktober 2022 mendatang.

Ia memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang ikut menandai cuaca terutama wilayah Jabodetabek.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com