Menu
Sign in
@ Contact
Search
Presiden Joko Widodo mengenakan baju adat Buton pada Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Presiden Joko Widodo mengenakan baju adat Buton pada Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Jadi Inspektur Upacara HUT RI Ke-77, Jokowi Pakai Baju Adat dari Buton

Rabu, 17 Agustus 2022 | 08:50 WIB
Lenny Tristia Tambun (redaksi@investor.id) ,Novy Lumanauw (novy@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Inspektur Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (17/8/2022). 

Terlihat, Jokowi mengenakan baju adat dengan nuansa merah. Ketika ditanya baju adat yang dikenakannya, Jokowi menjawab pakaian yang dikenakan dari Buton.

"Ini baju dari Buton, Sulawesi Utara," kata Jokowi saat menuju ke tempat upacara.

Ketika ditanya maknanya, Jokowi hanya mengatakan bahwa baju adat yang dikenakan adalah baju Dolomani.

"Ini baju Dolomani dari Buton. Maknanya, dicari ke Buton," ujar Jokowi sambil tertawa.

Baca juga: Menkes: Kesehatan Jadi Modal Utama Rayakan Kemerdekaan RI Ke-77

Seperti diketahui, Pemerintah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), mengirim pakaian adat Kesultanan Buton ke Istana Negara Republik Indonesia (RI).

Pakaian adat Buton dengan nama Dolomani ini, rencananya akan dikenakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat upacara Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan RI.

Pakaian adat Buton yang dikirim ke Istana Negara adalah Baju, Celana, Sarung dan Kopiah. Baju adat Buton Dolomani ini biasa dipakai Sultan Buton saat acara atau upacara resmi kesultanan. Filosofinya dari baju adat tersebut, ada beberapa ornamen misalnya seperti bunga rongo yang ada disisi kiri kanan melambangkan seorang pemimpin harus dari bawah ke atas kemudian akan kembali lagi ke bawah maksudnya dia akan menjadi rakyat biasa lagi.

Baca juga: Hari Kemerdekaan ke-77 RI, Jalur Puncak Berlaku Ganjil Genap

Selain bunga rongo, pada pakaian adat ini juga terdapat motif Kambanauwa, salah satu tumbuhan yang tumbuh di daerah Buton, khususnya di Kota Baubau. Tumbuhan itu yang bisa menyebabkan gatal-gatal. Ini melambangkan bahwa Sultan atau pemimpin itu senantiasa harus waspada terhadap bahaya yang akan mengancam daerahnya atau kesultanannya.

Pakaian adat Dolomani yang akan dikenakan Presiden Jokowi ini dijahit khusus oleh penjahit lokal Baubau, Camapaga Tailor.

Pakaian adat Buton ini berwarna merah, sesuai permintaan pihak Istana Negara. Proses pembuatannya terbilang cepat, kurang lebih 2 hari sudah selesai.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com