Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Perawat sedang menyuntikkan vaksin Covid-19 AstraZeneca ke lengan bagian atas peserta yang mendaftar di Sentra Vaksinasi Covid-19 Central Park dan Neo Soho Mall, Jakarta, pada 7 Mei 2021. ( Foto: Investor Daily / Happy Amalia )

Perawat sedang menyuntikkan vaksin Covid-19 AstraZeneca ke lengan bagian atas peserta yang mendaftar di Sentra Vaksinasi Covid-19 Central Park dan Neo Soho Mall, Jakarta, pada 7 Mei 2021. ( Foto: Investor Daily / Happy Amalia )

Jadi Sentra Vaksinasi Covid-19, Central Park dan Neo Soho Mall Siapkan 3.000 Dosis

Sabtu, 8 Mei 2021 | 09:28 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Central Park dan Neo Soho Mall menjadi Sentra Vaksinasi Covid-19 dengan menyiapkan 3.000 dosis vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca, untuk diberikan kepada para karyawan tenant mal dan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Sentra Vaksinasi Covid-19 di Central Park dan Neo Soho itu mulai memberikan layanan vaksin pada 7,8, dan 10 Mei, pada pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Ada pun target peserta sentra vaksinasi ini mencapai 1.000 orang per hari dengan pembagian 60% pelayan publik pusat perbelanjaan dan 40% untuk UMKM yang telah terdaftar di data penerima vaksin yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Center Director Central Park dan Neo Soho Mall Pauline Filliani mengatakan pendirian Sentra Vaksinasi Covid-19 sengaja diadakan untuk program UMKM, di mana 40% diperuntukkan bagi UMKM binaan DKI Jakarta dan 60% dari karyawan tenant gedung.

Ditambahkan oleh Pauline, bahwa dalam kegiatan vaksinasi Covid-19 kali ini tidak ada rentang usia tertentu, semisal hanya untuk kelompok lanjut usia di atas 60 tahun. “Program vaksinasi kali ini usianya bebas selama memiliki KTP. Ini artinya usia diatas 18 tahun dan memiliki kondisi badan yang sehat. Per harinya kami menyediakan 1.000 dosis vaksin tahap pertama, dan mudah-mudahan kami bisa mengadakan lagi di periode berikutnya. Kami bangga bisa membantu memfasilitasi program pemerintah untuk memberikan vaksin kepada masyarakat, supaya kita bisa meredam pandemi ini,” ujarnya, pada Jumat (7/5)

Saat ditanya mengenai beberapa kasus efek samping dari vaksin AstraZeneca yang menyebabkan penggumpalan darah, Pauline menyebutkan bahwa vaksin yang dipakai kali ini sudah sesuai dengan peraturan dan himbauan pemerintah. Selain itu, selama proses penyuntikkan dengan vaksin AstraZeneca, dia menyebutkan belum melihat ada peserta yang mengalami kendala.

“Kalau saya berpikir positif saja, kalau sudah difasilitasi, pasti para petugas terkait dan yang memiliki wewenang pasti sudah mengetahui persis, dan memberikan vaksin yang benar-benar sesuai. Tinggal kita ikut menjaga imun tubuh kita sendiri, seperti menjalankan hidup sehat. Kalau vaksin tidak bagus, kan pemerintah tidak mungkin memberikan ke masyarakat,” katanya.

Vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca disimpan dalam kotak pendingin, di Sentra Vaksinasi Covid-19 Central Park dan Neo Soho Mall, Jakarta, pada 7 Mei 2021. ( Foto: Investor Daily / Happy Amalia )
Vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca disimpan dalam kotak pendingin, di Sentra Vaksinasi Covid-19 Central Park dan Neo Soho Mall, Jakarta, pada 7 Mei 2021. ( Foto: Investor Daily / Happy Amalia )

Sebagai informasi, di masa pandemi Covid-19, UMKM menjadi kelompok ekonomi paling rentan. UMKM menghadapi berbagai tantangan dan keterbatasan, mulai dari finansial, kapasitas, dan pemenuhan standar higienitas. Maka dari itu, Pemprov DKI Jakarta mengajak masyarakat dan dunia usaha untuk bahu membahu membangkitkan kembali ekonomi kerakyatan di Jakarta, melalui Program Kolaborasi Sosial Berskala Besar UMKM (KSBB UMKM).

Kolaborasi

Salah satu wujud nyata kolaborasi yang dilakukan saat ini adalah penyelenggaraan vaksinasi Covid-19 bagi pelaku usaha UMKM antara Pemprov DKI Jakarta dengan APPBI di beberapa sentra lokasi mal anggota APPBI.

Menurut Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Elizabeth Ratu Rante Alo pendirian Sentra Vaksinasi Covid-19 di Central Park dan Neo Soho Mal merupakan mal ke-18 yang memfasilitasi pemberian vaksin untuk UMKM.

Menurut Ratu, sapaan akrabnya, saat ini di DKI Jakarta memiliki kurang lebih 20 Sentra Vaksinasi Covid-19 yang dikolaborasikan antara pusat perdagangan dan dinas PPKUKM DKI Jakarta untuk membantu mengeliatkan lagi perekonomian di Jakarta.

“Mal di Jakarta ini kurang lebih ada 100. Nah, ada yang sanggup mendirikan sentra vaksin sendiri dan ada yang memang tidak sanggup. Bagi yang tidak sanggup, kita menipkan ke sentra-sentra vaksin yang memang mal-nya sanggup mendirikan sentra vaksin sendiri. Jadi, ini adalah sebuah kolaborasi yang bagus antara pusat perbelanjaan dengan para UMKM, tidak hanya para tenant dalam mal saja yang divaksin oleh para pemilik mal, tetapi juga memberikan bantuan ke UMKM Pemprov DKI untuk divaksin secara bersama-sama,” ujarnya.

Ratu menambahkan, vaksin untuk UMKM yang di Central Park dan Neo Soho Mal dberikan kepada mereka yang berusaha di DKI Jakarta. Tetapi memang diprioritaskan di Jakarta Barat supaya secara pencapaian atau jarak ke lokasi vaksin ini lebih gampang.

“Kami memiliki data binaan dan telah mengedarkan link untuk mendaftar bagi UMKM yang terlewat atau belum divaksin. Jadi kami mengirim UMKM ke sentra-sentra terdekat supaya jarak capainya lebih dekat. Kami menghimbau mereka untuk divaksin, karena mereka kan termasuk pelayan publik dan berinteraksi dengan masyarakat lain. Ini juga salah satu cara yang digunakan pemerintah untuk bisa terhindar dari Covid-19,” demikian penjelasannya.

Seorang perawat sedang memasukkan cairan vaksin Covid-19 AstraZeneca ke dalam alat suntik, di Sentra Vaksinasi Covid-19 Central Park dan Neo Soho Mall, Jakarta, pada 7 Mei 2021. ( Foto: Investor Daily / Happy Amalia )
Seorang perawat sedang memasukkan cairan vaksin Covid-19 AstraZeneca ke dalam alat suntik, di Sentra Vaksinasi Covid-19 Central Park dan Neo Soho Mall, Jakarta, pada 7 Mei 2021. ( Foto: Investor Daily / Happy Amalia )

Sebagai kelompok garda terdepan yang banyak berinteraksi dengan publik, terlebih mendekati libur Hari Raya Lebaran para peserta UMKM dan pelayan publik pusat perbelanjaan sangat menjadi prioritas pemberian vaksin tahap ini. Kegiatan pertama Sentra Vaksinasi Covid-19 pada Jumat, berlangsung di d’ Capital, Soho Capital, lantai 29, dan dihadiri oleh Center Director Central Park dan Neo Soho Mall Pauline Filliani, Kepala Dinas PPUKM DKI Jakarta Elizabeth Ratu Rante Alo, dan dr. Parlyn dari Dinas Kesehatan Sudinkes Wilayah Jakarta Barat.

“Hadirnya sentra vaksinasi ini adalah sebagai program CSR dan dukungan untuk program pemerintah dalam pelaksanaan vaksinasi yang merata agar mengurangi angka penyebaran dan melawan virus Covid-19 sehingga para pelaku usaha ini dapat mempersiapkan diri untuk memulihkan Indonesia dari segi perekonomian. Oleh karenanya, kami telah mempersiapkan segalanya dengan matang agar dapat meningkatkan rasa kepercayaan customer kepada kami agar dapat berbelanja dengan tenang dan aman,” ujar Asst. GM Marcomm & Relations Central Park dan Neo Soho Mall, Silviyanti Dwi Aryati.

Silviyanti menambahkan, bahwa seluruh aspek dalam pengadaan sentra vaksinasi ini sangat diperhatikan. Dengan dukungan penuh dari Kementrian Kesehatan, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Pemerintah DKI Jakarta, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) dan juga Rumah Sakit Mayapada, sentra vaksinasi di Central Park dan Neo Soho Mall ini dilengkapi dengan tenaga kesehatan, sarana mini ICU, ambulans, peralatan dan perlengkapan kesehatan standar sentra vaksinasi, hingga tempat vaksin khusus perempuan berhijab. Selain itu alur dari proses vaksinasi ini sudah diatur dengan baik agar dapat memberikan kenyamanan bagi para penerima vaksin serta tetap menjadikan standar protokol kesehatan menjadi yang utama.

Dengan menjadi sentra vaksinasi, Central Park dan Neo Soho Mall berkomitmen untuk selalu bersinergi dengan pemerintah dalam mempercepat penanganan pandemi Covid-19 dan terus menggerakan kampanye #MALLSIAPDUKUNG #VAKSINUNTUKKITA #SIAPDIVAKSIN bersama dengan APPBI.


 

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN