Menu
Sign in
@ Contact
Search
Presiden Jokowi di KTT G20

Presiden Jokowi di KTT G20

Jalankan Misi Perdamaian Dunia, Kepemimpinan Global Indonesia Berada di Titik Puncak

Senin, 28 Nov 2022 | 15:42 WIB
Aris Cahyadi (aris_cahyadi@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Di tengah politik Internasional yang dinamis, Indonesia dinilai berhasil menjadi jembatan bagi negara-negara yang berselisih. Hal itu tercermin dari langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang aktif berpartisipasi menjalankan misi perdamaian dunia.

Pakar Hubungan Internasional Dinna Prapto Raharja mengakui kesuksesan Presidensi G20 di Bali menunjukkan bahwa kepemimpinan Indonesia diakui dunia internasional. Menurutnya, Indonesia yang menganut politik luar negeri bebas aktif yang bukan hanya netral, tidak memihak kepada salah satu pihak, namun juga berperan aktif menyerukan negara-negara yang berselisih untuk maju di meja perundingan.

“Politik internasional itu dinamis, berubah cepat dengan arah yang tidak linear. Jadi Indonesia perlu terus aktif dan sigap mengikuti perkembangannya,” ujar Dinna, Senin (28/11/2022).

Presidensi G20 di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi yang telah memberikan citra positif dan berhasil mendapat apresiasi dari sejumlah kepala negara anggota G20 harus terus dijaga. Jika nantinya, Presiden Jokowi tidak lagi menjadi kepala negara, Dinna meminta kepala negara selanjutnya untuk merawat legacy dari mantan Walikota Solo tersebut.

Advertisement

“Artinya siapapun yang jadi Presiden harus rendah hati, tekun mengikuti perkembangan global dan aktif menjaga komunikasi dengan pimpinan negara-negara lain. Negara lain menunggu konsistensi Indonesia mengawal perdamaian lewat G20,” ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku bangga lantaran Indonesia berhasil menjadi jembatan bagi negara-negara yang berselisih. Menurut Jokowi, buktinya pada saat KTT G20, Indonesia bisa diterima oleh berbagai pihak.

“Saat G20 Indonesia juga berhasil menjadi jembatan dari negara-negara yang saling berselisih kita berada di tengah bisa jadi jembatan bisa diterima dari sini, dari sana, sebelah kanan kiri,” ucap Jokowi.

Lanjut Jokowi menyampaikan kepemimpinan Indonesia sudah diakui Dunia internasional. Sehingga Indonesia tidak lagi dipandang sebelah mata. Karena itu, Bangsa Indonesia harus berbangga. “Artinya kepemimpinan global Indonesia sekarang ini berada di titik puncaknya! oleh sebab itu kita wajib bersyukur,” ujarnya.

Lebih lanjut Presiden Jokowi menyampaikan, negara- besar tidak kuat menahan gejala resesi global. Tetapi, dengan kewaspadaan yang baik Indonesia bisa bertahan dan angka pertumbuhan ekonomi naik 5,72%. “Alhamdulilah kita patut bersyukur ini kita tidak sombong tapi kita dipuji di mana-mana,” kata Jokowi.

Adapun pada perhelatan KTT G20, terjadi pertemuan bersejarah antara Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan timpalannya dari China Presiden Xi Jinping terjadi di Bali (14/11/2022), menjelang KTT G20. Ini pertemuan tatap muka pertama kedua pemimpin di tengah memanasnya hubungan kedua negara dalam beberapa tahun terakhir.

Pertemuan antara dua kepala negara yang memiliki kekuatan ekonomi terbesar itu berlangsung sekitar tiga jam, Biden menyampaikan kepada Xi, mereka berdua bertanggung jawab untuk mencegah persaingan kekuatan kedua negara menjadi konflik.

Editor : Aris Cahyadi (aris_cahyadi@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com