Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Jangan Abaikan Hipertensi

Senin, 23 Juli 2018 | 00:06 WIB

Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi masih menjadi salah satu ancaman masyarakat Indonesia. Penyakit ini bisa datang kapan saja dan gejalanya sering tanpa keluhan.


Biasanya, penderita tidak mengetahui kalau dirinya mengidap hipertensi dan baru diketahui setelah terjadi komplikasi. Karena itu, tak heran bila penyakit ini juga dikenal sebagai si pembunuh senyap (silent killer).


Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Pusat Syahlina Zuhal menjelaskan, hipertensi adalah salah satu penyebab penyakit kardiovaskular yang jika tidak dikontrol dengan baik, dapat menyebabkan terjadinya komplikasi seperti penyakit jantung koroner, gagal ginjal, gagal jantung dan lainnya.


“Hipertensi tidak boleh diabaikan karena akan sangat berbahaya kalau tidak dikontrol dengan baik. Semua komplikasi yang ditimbulkan itu berdampak pada kematian mendadak,” ujar dia seperti dilansir Antara.


Sementara itu, Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam (Papdi) Cabang Surakarta Bambang Purwanto menjelaskan, hipertensi yang tidak terkontrol akan berisiko pada pecahnya pembuluh darah di otak dan stroke sehingga berdampak pada tingkat kematian yang cukup tinggi.


Untuk menjadi sehat maka pola makan seseorang harus baik, yaitu banyak makan sayuran, buah, ikan air yang bersisik, dan putih telur. Dalam hal ini, makanan yang dikonsumsi harus mengandung antioksidan dan serat.


“Serat baik untuk pencernaan, sedangkan antioksidan baik untuk menghambat proses penuaan sekaligus memelihara pembuluh darah. Kalau ikan bersisik mengandung protein tinggi, rendah lemak, dan mengandung omega 3 yang berfungsi memelihara pembuluh darah,” jelas Bambang. (bersambung)


Baca selanjutnya di http://id.beritasatu.com/home/pola-makan-sehat-dan-olahraga-teratur/178166

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA