Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menag  Yaqut juga mendoakan jemaah bisa menjalankan ibadah dengan baik dan memperoleh haji mabrur.

Menag Yaqut juga mendoakan jemaah bisa menjalankan ibadah dengan baik dan memperoleh haji mabrur.

Jemaah Haji Kloter 1 Embarkasi Solo Tiba di Madinah

Sabtu, 4 Juni 2022 | 17:43 WIB
Fatima Bona (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Jemaah haji Indonesia kloter pertama yang diberangkatkan dari embarkasi solo (SOC 1) tiba di Madinah. Sebanyak 358 jemaah mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) sekitar pukul 09.58 waktu Arab Saudi (WAS).

Mereka disambut oleh Duta Besar Indonesia di Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad, Konjen RI di Jeddah Eko Hartono, Konsul Haji KJRI Jeddah yang juga Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Nasrullah Jasam, dan Kepala Daker Bandara Haryanto.

Advertisement

Dari Arab Saudi, hadir menyambut jemaah SOC 1 Deputi Urusan Ziarah Kementerian Haji dan Umrah Abdurrahman al Bejawi. "Kami sangat bergembira bisa menyambut kloter pertama jemaah haji Indonesia bersama Deputi Urusan Ziarah Kementerian Haji dan Umrah Abdurrahman al Bejawi," ujar Abdul Aziz di Bandara AMAA Madinah melalui keterangan pers tertulis, Sabtu (4/6/2022).

"Saya merasakan bahagia dan haru. Ini sudah ditunggu banyak orang, masyarakat Indonesia. Mereka sudah lama menunggu lama, apalagi setelah tertunda dua tahun karena pandemi," sambungnya.

Abdul Aziz berpesan agar seluruh jemaah tetap menjaga kesehatan. Meski pandemi sudah menurun, tapi jemaah tetap harus disiplin protokol kesehatan (prokes).  Selain itu, kondisi saat ini di Saudi sangat panas.

"Jemaah jangan lupa minum, dan makan. Semoga semuanya diberi kesehatan dan bisa menunaikan ibadah dengan baik," harapnya.

Konjen RI di Jeddah Eko Hartono yang juga ikut menyambut jemaah menambahkan bahwa selama di Madinah, jemaah akan menjalani ibadah Arba'in, yakni salat berjamaah di Masjid Nabawi selama 40 waktu. "Masa tinggal jemaah di Madinah maksimal sembilan hari," ujarnya.

Selesai Arbain, Eko Hartono menuturkan  jemaah akan diberangkatkan ke Makkah untuk menunaikan ibadah umrah lalu menunggu sampai tiba fase puncak haji.

Ia menyebutkan kehadiran Kloter SOC 1 menandai dimulainya fase kedatangan jemaah haji Indonesia. Mereka mendapat penyambutan khusus dari pejabat Indonesia serta Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi. Mereka mendapat bunga sebagai bentuk penghormatan. Panitia Saudi menyiapkan panggung kecil untuk dilewati jemaah sambil  mendapat siraman bunga.

Tak hanya itu, jemaah juga mendapat hadiah dalam kemasan kotak yang berisi sajadah dan kurma. Senandung thala'al badru juga mengiringi kedatangan jemaah menambah keharuan suasana di Terminal Haji Bandara Internasional AMMA Madinah.

Sebelumnya, saat melepas keberangkatan jemaah haji Indonesia di Jakarta, Menag Yaqut Cholil Qoumas berpesan agar jemaah haji  menjaga kesehatan dan membiasakan minum air putih karena cuaca panas di Saudi. 

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN