Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ketua DPR Puan Maharani mendampingi Presiden Jokowi saat meninjau Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (22/6/2022). (Foto: Primus Dorimulu)

Ketua DPR Puan Maharani mendampingi Presiden Jokowi saat meninjau Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (22/6/2022). (Foto: Primus Dorimulu)

Jokowi akan ke IKN 3 Bulan Sekali, Basuki: Supaya Yakin Mau Pindah

Senin, 11 Juli 2022 | 21:11 WIB
Lenny Tristia Tambun (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) setiap 3 bulan sekali. Kunjungan ini dilakukan Jokowi untuk meyakinkan banyak pihak, termasuk masyarakat, bahwa Ibu Kota Negara benar-benar akan pindah ke Kalimantan Timur.

Demikian disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (11/7/2022).

“Mungkin 3 bulan sekali, beliau (Presiden) akan ke sana. Untuk memberi semangat dan menghangatkan terus supaya orang yakin kita mau pindah,” kata Basuki Hadimuljono.

Menurut Basuki, Presiden Jokowi meminta pembangunan Istana Presiden sudah selesai pada Desember 2024. “Ya 2024, sampai Desember,” ujar Basuki Hadimuljono.

Dijelaskannya, pemerintah akan menandatangani kontrak land development atau pengembangan lahan di IKN pada 15 Juli. Setelah itu, akan diatur pembagian lahan untuk membangun Istana Presiden hingga kantor kementerian dan lembaga.

Saat ini, pemerintah sedang melaksanakan lelang desain awal kawasan IKN. Basuki mengungkapkan lelang masih diikuti oleh peserta dari lokal atau dalam negeri. Belum ada peserta lelang dari luar negeri atau perusahaan asing.

Setelah ditemukan pemenang lelangnya, maka pembangunan IKN akan segera dimulai. Seperti water supply, sanitasi, infrastruktur jalan tol. Kemungkinan infrastruktur jalan ke arah Presiden akan ada 6 lajur. Namun bukan two way traffic, melainkan one way dalam 6 lajur.

Kemudian, lanjut Basuki, pemerintah akan mulai membangun hunian untuk para pekerja di IKN pada Agustus 2022. Hal ini dilakukan karena pemerintah tak mau para pekerja itu membangun bedeng sendiri. Apalagi jumlah pekerja diperkirakan akan mencapai 200 ribu orang.

"Karena banyak mungkin sampai 200 ribuan pekerja konstruksi. Jangan sampai mereka bikin bedeng sendiri, kita siapkan rumah-rumah untuk para pekerja konstruksi itu. Dapur umumnya. Jadi nanti ada kedisiplinan jam 7 berangkat, jam 12 jemput makan, jam 1 berangkat. Walaupun itu bukan baru, tapi cara baru di dunia konstruksi,” terang Basuki Hadimuljono.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi terakhir berkunjung ke IKN Kalimantan Timur bersama pimpinan media massa pada 22 Juni 2022. Sebelumnya, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana pernah berkemah semalam di IKN pada 14 Maret 2022.

Editor : Nurjoni (nurjoni@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com