Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Presiden Joko Widodo. Foto: Setpres

Presiden Joko Widodo. Foto: Setpres

Jokowi Berbagi Cerita kepada Nadiem tentang Karakternya sebagai Pelajar

Minggu, 2 Mei 2021 | 23:10 WIB
Maria Fatima Bona

JAKARTA, investor.id  -  Presiden Joko Widodo  (Jokowi)  berbagi cerita tentang karakternya sebagai pelajar dulu yang manfaatnya dirasakan hingga sekarang kepada  Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim dalam siniar atau podcast tentang Hari Pendidikan Nasional  2021, Minggu (2/5/2021).

Jokowi mengatakan, ketika masih menjadi pelajar karakter melekat pada dirinya adalah  tidak mau kalah.  Misalnya, ketika melihat temannya belajar 1 jam, maka  ia akan berusaha untuk belajar 2 jam.

“Juara satu misalnya  belajar malam 2 jam, saya belajar malam 4 jam.  Tidak mau kalah di situ. Kenapa saya seperti itu karena  dengan belajar kita bisa mewujudkan  cita- cita,” ujar Jokowi.

Jokowi juga mengatakan,  semasa pelajar  ia aktif sebagai anggota pencinta alam. Pasalnya,  bergabung dengan pecinta alam bisa belajar di mana saja.

“Belajar bisa di mana saja. Di alam pun kita bisa belajar. Pendidikan yang kita peroleh di luar ruang kelas, sama pentingnya dengan yang kita peroleh di dalam ruang kelas, kadang lebih penting,” ujarnya.

Ketika ditanya tentang hal khusus yang dilakukan saat menjadi pelajar dan mahasiswa dan bermanfaat sangat besar hingga saat ini. Jokowi mengatakan,  ia selalu belajar dari kesalahan  dan tidak pernah putus asa  dan senang berkompetisi.

“Saya pikir itu yang juga  membuat saya berani  mulai berwirausaha  mulai dari nol sebelum menjadi pejabat publik,” ucapnya.

Jokowi menuturkan, apabila tidak berani  berbuat sesuatu  yang  sebetulnya secara pribadi diketahui baik untuk pengembangan diri  dan baik untuk sesama, maka tidak akan bisa maju . 

“Dulu saya itu suka ingin tahu dan  semuanya ingin tahu  secara detail. Lihat betul detail-detailnya,” ucap  Jokowi.

Selanjutnya, Jokowi mengatakan, rasa ingin tahu besar  ini membentuk dirinya,  sehingga setiap  pekerjaan ini mengecek langsung ke lapangan setiap pekerjaan  secara detail.  "Secara detail pun kadang-kadang masih meleset apalagi yang tidak," ucap Jokowi.

Oleh karena itu,  Jokowi berpesan kepada siswa dan mahasiswa  untuk tidak berhenti belajar  walaupun sedang pandemi, tetapi manfaatkan kondisi pandemi ini untuk belajar secara mandiri  dan menjadi pembelajar sejati.

“Ilmu dari sekolah, dari kampus itu bisa menjadi suatu saat itu  usang, menjadi jadul tetapi kalau selalu belajar sepanjang zaman  ini akan terus bisa relevan. Artinya memang kita harus  belajar terus menjadi pembelajar sepanjang hidup, ” ucapnya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN