Menu
Sign in
@ Contact
Search
Presiden Jokowi

Presiden Jokowi

Jokowi Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III hingga 6%

Kamis, 29 September 2022 | 14:04 WIB
Lenny Tristia Tambun (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memprediksikan pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal III-2022 ini akan mencapai 5,4-6%. Prediksi tersebut didapatkannya setelah berkonsultasi dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto serta mengecek langsung ke lapangan.

“Kuartal III, perkiraan saya, tanya ke Bu Menkeu, mungkin bisa berbeda dengan saya. Karena saya punya kalkulator sendiri, bu menteri punya kalkulator sendiri, pak menko punya kalkulator sendiri. Perkiraan saya, ekonomi kuartal III akan tumbuh 5,4 % sampai 6 %,” kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara United Overseas Bank (UOB) Economic Outlook 2023 di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Kamis (29/9/2022).

Baca juga: Jubir BUMN Tegaskan PMN untuk Penugasan Bukan Tutup Kerugian

“Mestinya saya ini pegang angka, saya bertanya ke menteri dan cek ke lapangan juga. Menurut saya akan bertumbuh di atas kuartal II. Ini kan sudah habis bulan September,” lanjut Jokowi.

Rasa optimisme tersebut semakin kuat, ketika Jokowi melihat pertumbuhan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang cukup tinggi, mencapai 27 %.

Baca juga: Infrastruktur Era Jokowi juga sebagai Bentuk Keadilan Sosial

“Saya kemarin baru dari Maluku Utara. Saya cek berapa pertumbuhan ekonomi di Maluku Utara, 27 %,” ujar Jokowi.

Awalnya, ia sendiri tidak percaya melihat pertumbuhan ekonomi Maluku Utara yang mencapai 27 %. Kemudian setelah melakukan pengecekan secara detail, ternyata penyebab utama pertumbuhan ekonomi di provinsi tersebut melesat dikarenakan adanya industri smelter nikel disana.

Baca juga: Menkeu Janji Genjot Sisa Belanja Pusat dan Daerah di Kuartal IV

“Darimana? Saya cek di BI, saya cek di Pemda, bisa angka 27 % dari mana? Saya awalnya enggak percaya. Setelah cek detail, oh benar, dulu ekspor nikel hanya raw material, sekarang sudah ada industri smelter disana. Inilah kenapa berkali-kali saya sampaikan hilirisasi, hilirisasi, ya karena itu,” tegas Jokowi.

Seperti diketahui, pertumbuhan ekonomi kuartal II-2022 mencapai 5,44 % (yoy). Angka ini di atas capaian kuartal I-2022 yang mencapai 5,1% (yoy).

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com