Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Presiden Joko Widodo melakukan penyerahan sertifikat tanah secara virtual Selasa (5/1/2021). Sumber: BSTV

Presiden Joko Widodo melakukan penyerahan sertifikat tanah secara virtual Selasa (5/1/2021). Sumber: BSTV

Jokowi Tegaskan Pemerintah Berkomitmen Penuh Berantas Mafia Tanah

Rabu, 22 September 2021 | 17:21 WIB
Lenny Tristia Tambun

JAKARTA, investor.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, pemerintah berkomitmen penuh dalam memberantas mafia-mafia tanah. Untuk itu, Presiden telah memerintahkan jajaran kepolisian untuk tidak ragu dalam mengusut mafia tanah.

“Saya juga kembali mengingatkan bahwa pemerintah berkomitmen penuh dalam memberantas mafia-mafia tanah. Kepada jajaran Polri, saya minta jangan ragu-ragu mengusut mafia-mafia tanah yang ada,” kata Jokowi dalam acara penyerahan sertifikat redistribusi tanah objek reforma agraria di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/9).

Dia tidak mau ada aparat penegak hukum yang menjadi pelindung atau backing mafia tanah. Penegak hukum harus memperjuangkan hak masyarakat dengan menegakkan hukum secara tegas.

“Jangan sampai juga ada aparat penegak hukum yang membekingi mafia tanah tersebut. Perjuangkan hak masyarakat dan tegakkan hukum secara tegas,” kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan, pemerintah tidak hanya menyerahkan sertifikat tanah saja. Presiden telah meminta jajaran kementeriannya seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Desa, Kementerian Koperasi serta Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk menyalurkan bantuan berupa modal, bibit, pupuk dan pelatihan-pelatihan.

“Agar tanah yang digarap oleh Bapak, Ibu penerima manfaat reforma agraria ini lebih produktif. Sekali lagi, agar tanah yang ada lebih produktif memberikan hasil untuk membantu kehidupan Bapak, Ibu sekalian,” ujar Jokowi.

Tak hanya itu, Jokowi meminta warga penerima manfaat menjaga baik-baik sertifikat reforma agraria yang telah diterima mereka.

“Kepada Bapak, Ibu penerima sertifikat, saya minta agar sertifikatnya dijaga baik-baik. Jangan sampai hilang, jangan sampai rusak atau beralih fungsi atau dialihkan kepada orang lain. Harus betul-betul dijaga,” tutur Jokowi.

Editor : Eva Fitriani (eva_fitriani@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN