Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ketua KPK Firli Bahuri. Foto: IST

Ketua KPK Firli Bahuri. Foto: IST

Kartini Zaman Now Berperan Besar dalam Pemberantasan Korupsi di Indonesia

Rabu, 21 April 2021 | 16:01 WIB
Investor Daily

JAKARTA, investor.id – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) H Firli Bahuri mengatakan bahwa perempuan dengan semangat Kartini memiliki peran besar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara termasuk upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.

“Kehadiran wanita dalam setiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara, memiliki andil besar dalam membentuk, menentukan arah, tujuan dan masa depan bangsa, mengingat dari rahim mereka-lah, akan lahir calon-calon generasi penerus serta pemimpin negeri ini,” kata Firli dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (21/4) terkait peringatan Hari Kartini.

Menurut Firli, bukan sekadar melahirkan, peran sentral kaum hawa dalam 'asah asih dan asuh', sangat menentukan kualitas generasi penerus masa depan suatu bangsa kita.

Dengan sentuhan dan kasih sayang tulus kaum hawa-lah, lanjut Firli, nilai-nilai agama, moral, etika, budaya serta kejujuran, disemaikan dalam jiwa dan raga generasi muda sejak terlahir, agar kelak mereka memiliki integritas dan karakter kuat anti korupsi dalam perjalanan hidupnya.

Firli kemudian menyitir sebuah hadis, Rasulullah yang mengatakan fainnal jannata tahta rijliha, ‘Berbaktilah kepada ibu karena surga itu di bawah kakinya.’

Hadis yang juga menjadi peribahasa ini, urai Firli, mengandung arti bahwasanya masa depan seorang anak, generasi masa depan bangsa,peradaban manusia dan budaya bangsa  ditentukan oleh langkah kaki ibu, kaum perempuan termasuk membangun budaya Antikorupsi.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komisaris Jenderal Polisi Firli Bahuri pada Malam Apresiasi Puisi RRI, bertajuk Indonesia Merdeka Covid 2020 dan Korupsi di Auditorium Abdul Rahman Saleh RRI Jakarta, Senin (17/8/2020) malam. Sumber: BSTV
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komisaris Jenderal Polisi Firli Bahuri. Sumber: BSTV

Peran dan andil besar ini, menurut Firli jelas diperlukan KPK serta segenap eksponen bangsa di republik ini, dalam upaya pemberantasan korupsi yang telah berurat akar hingga menjadi laten di bumi pertiwi.

“Kami beritahukan, tidak sedikit perempuan yang berani memilih dan menantang perilaku koruptif serta kejahatan korupsi, meski melibatkan teman, sahabat, bahkan saudara atau anggota keluarganya sendiri,” ucapnya.

Firli menambahkan, sudah tidak terhitung dukungan dan informasi beserta bukti-bukti konkret yang diberikan srikandi-srikandi antikorupsi kepada KPK.

“Dukungan penuh Kartini-Kartini antikorupsi zaman now, mampu mengakselerasi dan menggelorakan semangat tempur kita bersama seluruh elemen bangsa di negeri ini, dalam perang besar melawan laten korupsi yang sudah menggurita di Bumi Pertiwi,” katanya.

Bentuk andil dan peran besar kaum Hawa dalam segenap upaya pemberantasan korupsi, menurut Firli dapat dilihat dari tingginya animo perempuan di seluruh penjuru negeri ini untuk menjadi agen Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK).

Agen-agen SPAK terdiri dari berbagai latar belakang perempuan, mulai dari ibu rumah tangga, pedagang, guru, perempuan yang berkarier di pemerintahan atau swasta hingga istri-istri pejabat negara yang memiliki satu visi dan misi yang sama, yaitu tidak ingin korupsi serta perilaku koruptif semakin mendarah daging dan musnah di republik ini.

Hal-hal yang dilakukan agen SPAK mungkin terlihat kecil atau terkesan sepele, namun berdampak sangat besar bagi pencegahan tindak pidana korupsi di Indonesia.

“Menanamkan budaya anti korupsi sedari dini di keluarga, lingkungan sekitar atau berani mengingatkan teman, sahabat saudara hingga suami agar tidak coba-coba korupsi serta menerapkan perilaku jujur dan hidup sederhana, adalah contoh dan hal-hal kecil yang dilakukan oleh agen-agen SPAK,” jelas Firli.

Firli pun mengucap syukur karena istri tercinta, Ardina Syafitri, telah menanamkan hal-hal kecil ini dalam rumah tangga mereka. Sama seperti kaum ibu pada umumnya, istrinya juga menjadi pondasi sekaligus bingkai pembentukan karakteristik keluarga kecil Firli.

“Contoh kecil yang istri saya lakukan setiap hari yaitu selalu membekali saya dan anak-anak makanan masakannya, saat beraktivitas di luar rumah. Hal kecil ini selalu mengingatkan saya akan indahnya kebersamaan dalam kesederhanaan yang harus dijaga,” ungkap Firli.

“Meneguhkan hati ini agar senantiasa berjalan lurus, jauh dari goda apalagi dosa, agar keindahan kebersamaan ini, dapat bersama kami nikmati hingga akhir hayat nanti, Terimakasih Istriku Ardina Syafitri, Kartini Sejatiku, Separuh Jiwaku,” ujar Firli.

Kartini, lanjut Firli, mampu membuktikan bahwasanya perempuan bukanlah kaum yang lemah secara ide, gagasan, serta pemikiran. Perempuan memiliki rasionalitas seperti kaum lelaki, sehingga memiliki peranan dan andil yang besar bagi perkembangan bangsa dan negara.

“Selamat merayakan Hari Kartini, semoga teladan Kartini senantiasa mewarnai perjalanan Kartini-Kartini zaman now sebagai motor penggerak segenap anak bangsa di republik ini, bersama meraih cita-cita dan masa bangsa yang lebih baik lagi, dengan jiwa dan semangat Anti Korupsi.,” pungkas H Firli Bahuri.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN