Menu
Sign in
@ Contact
Search
Karyawan melintas didepan monitor saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. (Beritasatu Photo/Uthan AR)

Karyawan melintas didepan monitor saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. (Beritasatu Photo/Uthan AR)

Karyawan, Sumber Daya Perusahaan yang Harus Dijaga dengan Baik

Minggu, 28 Agustus 2022 | 01:01 WIB
F Rio Winto (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Karyawan adalah sumber daya perusahaan yang harus dijaga dengan baik. Karyawan yang kompeten bisa menaikkan performa perusahaan. Karena itu, penanganan karyawan harus dilakukan dengan serius oleh Divisi Human Resources Management (HRD).

Divisi HRD memiliki tugas dan peranan penting dalam perusahaan. Tugas dan kewajiban HRD ini banyak sekali, sehingga urusan karyawan sebagai sumber daya manusia (SDM) ini sering tidak maksimal. Saat performa sudah tidak maksimal, HRD membutuhkan bantuan berupa software atau aplikasi HRD terbaik.

“Memakai Mekari Talenta itu sangat membantu dari segi manajemen database karyawan. Ketika kita membutuhkan data karyawan, semuanya bisa ditarik langsung dari sistem seperti nama, nomor rekening, dan informasi lainnya,” Achmad Junaedi, HRIS Staff HAUS! dalam keterangan resmi, Minggu 28 Agustus 2022.

Aplikasi HRD ini bisa digunakan untuk mengelola manajemen SDM di perusahaan, mendukung pengambilan keputusan. Aplikasi HRD ini juga merupakan penyelesaian dari entri data, melacak data dan juga kebutuhan informasi data SDM, manajemen maupun fungsi akuntansi, dan penggajian di dalam sebuah perusahaan.

Aplikasi HRD sejumlah keunggulan, antara lain menjadi lebih hemat waktu. Keunggulan pertama aplikasi HRD bisa mempermudah mengakses data sampai dengan proses penarikan data yang lebih cepat dan akurat.

Kedua, mengurangi data yang redundancy dan kesalahan. Banyaknya tanggung jawab dan tugas yang harus ditangani, membuat kesalahan data sering terjadi, sehingga data tersebut tidak real time. Namun, dengan menggunakan aplikasi HRD memungkinkan data yang redundancy bisa terdeteksi, bahkan para karyawan tidak akan bisa memasukkan data yang sama persis dengan yang sudah masuk ke dalam sistem perusahaan tersebut.

Ketiga, meningkatkan produktivitas. Keunggulan aplikasi HRD bisa membantu meningkatkan produktivitas. Supaya bisa meningkatkan daya saing yang dimiliki oleh perusahaan, sangat penting untuk bisa meningkatkan produktivitas. Sebagian besar waktu HR akan dihabiskan untuk mengisi, menganalisis, dan mengatur manajemen data para karyawan.

Aplikasi HRD dirancang untuk mempercepat proses administrasi. Aplikasi HRD bisa mempersingkat waktu dan juga memudahkan seluruh proses dan tugas HRD, sehingga tidak memakan banyak waktu dan tenaga.

Keempat, keunggulan aplikasi HRD berikutnya adalah bisa menghemat pengeluaran perusahaan. Waktu dan uang menjadi hal yang penting dalam usaha maupun bisnis. Waktu adalah uang, semakin banyak waktu yang dikeluarkan untuk suatu tugas, semakin banyak pula uang yang dikeluarkan oleh perusahaan. Namun, dengan menggunakan aplikasi HRD, bisa mengurangi pengeluaran perusahaan dalam berbagai bidang.

Kelima, bisa mengontrol kinerja karyawan. Banyaknya karyawan membuat perusahaan tidak fokus dalam mengamati dan memberikan penilaian terhadap karyawannya. Namun, dengan menggunakan aplikasi HRD, bisa mengontrol kinerja para karyawan dan membandingkan kinerjanya tersebut dengan target perusahaan.

Keenam, menjadi lebih transparan. Dengan bantuan aplikasi HRD, perusahaan bisa meningkatkan transparansi data. Para karyawan bisa melihat gaji secara transparan, lebih cepat, dan tepat. Selain itu, kepuasan para karyawan bisa meningkat. Sebab, komunikasi menjadi lebih mudah. Minimnya kesalahan dalam menghitung gaji atau pajak bisa membuat kepercayaan para karyawan terhadap perusahaan meningkat.

Editor : F Rio Winto (rio_winto@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com