Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Epidemiolog dari Centre for Environmental and Population Health Griffith University, Australia, Dicky Budiman.

Epidemiolog dari Centre for Environmental and Population Health Griffith University, Australia, Dicky Budiman.

Kasus Covid-19 Naik, Epidemiolog: Deteksi Dini Harus Ditingkatkan

Minggu, 13 Juni 2021 | 11:02 WIB
Maria Fatima Bona

JAKARTA, investor.id  – Epidemiolog dari Centre for Environmental and Population Health Griffith University, Australia, Dicky Budiman mengatakan peningkatan kasus Covid-19  terjadi saat ini harus segera diatasi oleh pemerintah dengan meningkatkan sistem deteksi dini terhadap kasus.

“Pada situasi ini, upaya yang harus dilakukan oleh pemerintah  tentu  sudah saya sampaikan jauh hari sebelum  Lebaran lewat  Kementerian Kesehatan melalui salah satu diskusi. Yang harus dilakukan adalah  sistem deteksi kita, surveilans penemuan kasus di sekitar secara dini dan aktif harus ditingkatkan,” kata Dicky saat dihubungi Beritasatu.com, Minggu (13/6/2021).

Dicky menjelaskan, deteksi dini terhadap kasus akan mengurangi  potensi penyebaran. Sebab dengan  menemukan kasus dengan cepat bisa melakukan segala  upaya isolasi dan karantina termasuk pada orang-orang berpotensi menularkan harus dilakukan  deteksi untuk mencegah lonjakan kasus yang besar.

Menurut Dicky, penyebaran kasus  dengan jumlah banyak telah terjadi di berbagai wilayah, maka sangat penting untuk memperkuat  sistem pelayanan kesehatan. Baik  dari sisi kapasitas  maupun sumber  daya manusia (SDM).  Selain itu, ruang isolasi, ventilator, oksigen dan sistem rujukan perlu ditingkatkan.

“Supaya ketika  terjadi peningkatan  fasilitas kesehatan tidak  chaos dan membludak,” ucapnya.

Dicky juga menyarankan, pemerintah untuk mempersiapkan opsi darurat atau skenario terburuk, yakni dengan   menyiapkan penerapan pembatasan sosial berskala  besar (PSBB) Jawa  dan Bali atau kota- kota  lain di luar pulau Jawa.

“Ini yang harus disiapkan karena ini menyangkut kesiapan dukungan  terutama kepada kelompok masyarakat  rawan dan rentan secara ekonomi,” ucapnya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN