Menu
Sign in
@ Contact
Search
Tersangka kasus dugaan korupsi PT Duta Palma Group Surya Darmadi (tengah) tiba di Gedung Bundar Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Senin 15 Agustus 2022.  (Foto: BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao)

Tersangka kasus dugaan korupsi PT Duta Palma Group Surya Darmadi (tengah) tiba di Gedung Bundar Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Senin 15 Agustus 2022. (Foto: BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao)

Kejagung Tahan Surya Darmadi Selama 20 Hari

Senin, 15 Agustus 2022 | 15:54 WIB
Lenny Tristia Tambun (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Jaksa Agung ST Burhanuddin mengatakan Kejaksaan Agung (Kejagung) akan menahan tersangka kasus dugaan korupsi dan tindak pidana pencucian uang Surya Darmadi (SD) selama 20 hari.

“Kami sedang melakukan pemeriksaan terhadap tersangka SD. Kami akan melakukan penahanan untuk 20 hari,” kata Burhanuddin dalam konferensi pers di kantornya, Senin (15/8/2022).

Menurut Burhanuddin, tempat penahanan SD akan ditentukan sore hari ini setelah pemeriksaan selesai dilakukan. “Ditahan rencananya. Kami melakukan pemeriksaan dulu. Nanti akan ditentukan sore ini setelah pemeriksaan, akan ditahan dimana,” ujar Burhanuddin.

Ia menceritakan kronologis penjemputan SD. Sebelum dilakukan penjemputan, lanjut Burhanuddin, Kejagung telah melayangkan surat pemanggilan terhadap SD ke tiga tempat. Pertama, surat dilayangkan ke PT Duta Palma Group, kedua ke rumah kediaman SD di Kebayoran Baru dan ketiga kediaman di Singapura.

Baca juga: Kembali ke Indonesia, Surya Darmadi Bantah Kabur ke Luar Negeri

“Kami melakukan pemanggilan atas tersangka di Singapura dan suratnya diterima oleh tersangka. Lalu tersangka mengajukan permohonan pada kami tapi tidak tahu dimana tersangka berada. Tetapi pemanggilannya di Singapura,” papar Burhanuddin.

Selanjutnya, pada dua pekan yang lalu, SD telah melayangkan surat kepada Kejagung bahwa ia akan menyerahkan dirinya.

“Sebelumnya, SD ini, dua minggu yang lalu telah berkirim surat kepada kami dalam rangka untuk menyerahkan diri,” ujar Burhanuddin.

Kemudian, ungkap Burhanuddin, surat dari SD tersebut ditindaklanjuti oleh pengacaranya. Hari ini, pukul 13.30, SD telah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng dengan menggunakan penerangan China Airlines dengan nomor penerbangan C1761.

“Alhamdulilah tadi jam 13.30 WIB, dengan menggunakan penerbangan China airlines C1761 dan mendarat di Cengkareng. Penerbangan dari Taiwan. Kemudian Tim kami melakukan penjemputan atas nama tersangka SD,” jelas Burhanuddin.

Baca juga: Dijemput Kejagung, Surya Darmadi Jalani Proses Hukum

SD terlihat tiba di gedung Jampidsus sekitar pukul 13.55 WIB dengan mengenakan kemeja putih lengan panjang dan menggunakan masker. SD langsung dibawah ke dalam gedung bundar Jampidsus tanpa memberikan keterangan apa pun terhadap awak media yang sudah menunggunya. Tampak pengacaranya turut mendampingi SD ke dalam untuk mengikuti pemeriksaan.

Seperti diketahui, Kejagung sudah menurunkan tim untuk menjemput bos Duta Palma Group/ Darmex Group, Surya Darmadi alias Apeng yang dikabarkan telah tiba di Indonesia, Senin (15/8/2022). Surya Darmadi berikutnya akan dibawa ke Kejagung untuk menjalani proses hukum.

Kejagung menetapkan Surya Darmadi alias Apeng sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dan tindak pidana pencucian uang dalam kegiatan pelaksanaan yang dilakukan oleh PT Duta Palma Group di Kabupaten Indragiri Hulu. Perkara tersebut ditaksir merugikan keuangan negara hingga Rp 78 triliun.

Sebelumnya, KPK menetapkan Surya Darmadi selaku pemilik PT Darmex Group/ PT Duta Palma serta Legal Manager PT Duta Palma Group, Suheri Terta sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait pengajuan revisi alih fungsi hutan di Riau tahun 2014. Selain itu, dalam kasus ini, KPK juga menjerat anak usaha PT Duta Palma Group, yakni PT Palma Satu sebagai tersangka korporasi.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com