Menu
Sign in
@ Contact
Search
Mohammad Syahril, Juru Bicara Kementerian Kesehatan

Mohammad Syahril, Juru Bicara Kementerian Kesehatan

Kemenkes: Vaksin Produksi Dalam Negeri Masih Uji Klinis Fase Ketiga

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 23:41 WIB
Fatima Bona (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Juru Bicara Kemenkes, dr Mohammad Syahril mengatakan perkembangan vaksin produksi dalam negeri yakni vaksin Merah Putih dan BUMN saat ini telah memasuki uji klinis fase ketiga.

“Saat ini  vaksin Merah Putih dan Vaksin BUMN masih dalam tahapan uji klinis fase  ketiga,” kata Syahril saat dihubungi Beritasatu.com, Sabtu (6/8/2022).

Syahril menjelaskan, pengajuan persetujuan penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/EUA) dilakukan berdasarkan interim report uji klinis fase ketiga.  Adapun uji klinis fase ketiga ini, lanjut Syahril untuk vaksinasi primer atau dosis pertama dan kedua.  Kemudian, akan dilanjutkan dengan uji klinis untuk vaksin booster serta  untuk vaksinasi remaja dan anak  untuk vaksinasi  primer dan booster.

Peneliti Unair Ungkap Kelebihan Vaksin Merah Putih

Ketika ditanya apakah kedua vaksin produk dalam negeri sudah mendapatkan EUA dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Syahril menuturkan, saat ini industri farmasi PT Biotis Pharmaceutical Indonesia  untuk vaksin Merah Putih dan PT Bio Farma  untuk vaksin BUMN  sedang dalam proses untuk mengajukan EUA kepada BPOM.

“Vaksin Merah Putih dalam tahap penyelesaian untuk penyuntikan dosis kedua uji klinis fase ketiga. Sedangkan vaksin BUMN  sudah menyampaikan interim report uji klinis fase  ketiga sebagai salah satu persyaratan untuk pengajuan EUA,” papar Syahril.

Selanjutnya, terkait rencana produksi, Syahril menuturkan, produksi dilakukan secara paralel dengan pelaksanaan uji klinis. Pasalnya,  industri farmasi telah melakukan persiapan untuk produksi massal di fasilitas yang telah tersertifikasi Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB).

“Dengan demikian segera setelah mendapatkan EUA, industri farmasi telah siap memenuhi kebutuhan vaksin Covid-19,” ucapnya.

BPOM akan Keluarkan IzinPenggunaan Vaksin Merah Putih Agustus 2022

Syahril juga menegaskan, rencana produksi kedua vaksin tersebut juga akan memperhatikan kebutuhan untuk vaksinasi primer maupun untuk kebutuhan vaksinasi booster, vaksinasi pada remaja, atau anak yang baru dapat dilakukan vaksinasi setelah mendapatkan EUA untuk vaksinasi booster, vaksinasi pada remaja, atau anak.

Sebagaimana diketahui, kedua vaksin produksi  dalam negeri ini  dikabarkan akan diluncurkan bertepatan HUT RI pada 17 Agustus 2022. 

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com