Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Puan Maharani. Foto: IST

Puan Maharani. Foto: IST

Ketua DPR Minta Pusat dan Pemda Sukseskan Vaksinasi Covid

Kamis, 27 Mei 2021 | 16:53 WIB
Markus Junianto Sihaloho

JAKARTA, investor.id - Ketua DPR Puan Maharani menyatakan vaksinasi adalah bagian penting dari kerja besar untuk membawa Indonesia keluar dari pandemi Covid-19. Karena itu, Puan mengingatkan agar pemerintah pusat dan pemerintah daerah bersinergi menangani pandemi, dan masyarakat juga diharapkan terus disiplin protokol kesehatan.

“Prinsip utamanya adalah kita ingin seluruh warga negara dapat divaksin. Sekali lagi saya tegaskan, bahwa prinsip utamanya adalah kita ingin semua mendapat vaksin,” kata Puan, dalam keterangannya, Kamis (27/5/2021).

Hal itu dikatakan Puan usai meninjau langsung program vaksinasi Covid-19 massal di Denpasar, Bali. Dia ke sana didampingi Wakil Ketua Komisi IX DPR Charles Honoris, Wakil Ketua Komisi X DPR Agustina Wilujeng, dan anggota DPR dapil Bali, Ketut Karyasa.

Puan juga menilai bahwa harus dipahami juga mengenai keterbatasan stok vaksin di dunia. Sehingga vaksinasi gratis dilakukan bertahap.

Yang jelas, dalam forum-forum internasional, pimpinan DPR sudah berulang kali mengingatkan agar negara surplus persediaan vaksin dapat membagikan vaksinnya pada negara yang membutuhkan.  Selain itu, dia juga mendorong dilakukannya transfer teknologi pembuatan vaksin dari negara maju kepada pusat-pusat produksi vaksin di negara berkembang. Puan mengapresiasi vaksinasi di Bali yang mendapat penghargaan Museum Rekor Indonesia dan sudah mencapai satu juta orang. Mendapat rekor karena menghadirkan peserta vaksinasi dari lintas komunitas terbanyak.

Khusus untuk kepala daerah di Bali, Puan berpesan agar mempertimbangkan dengan matang dan bijaksana sebelum memutuskan membuka kembali Bali bagi wisatawan asing.

“Saya wanti-wanti kepada gubernur dan kepala daerah di Bali, hati-hati, jangan emosional. Ekonomi penting, tapi kesehatan dan keselamatan warga yang utama,” kata Puan.

Sementara terkait isu ekonomi, Puan mengatakan pihaknya mendorong pemerintah agar berpihak kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta industri kecil dan menengah (IKM) untuk bisa menghadapi dampak pandemi Covid-19.

“DPR RI ingin UMKM dan IKM dapat terus berjalan di masa-masa pandemi ini, jangan sampai berhenti total. Supaya ketika tiba saatnya nanti Indonesia sudah keluar dari pandemi Covid-19, UMKM dan IKM dapat langsung kembali berlari kencang usahanya,” kata Puan.

Puan menuturkan, pandemi Covid-19 menghadirkan tantangan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk di bidang ekonomi.

Di Bali, kata Puan, pertumbuhan ekonomi melambat lantaran pandemi Covid-19 menurunkan pendapatan dari sektor utama Bali, yaitu pariwisata.

“Saya harap dengan sudah dimulainya vaksinasi dan digalakkan kembali kegiatan-kegiatan seperti pameran IKM ini, nadi ekonomi Bali bisa kembali berdenyut, dan pendapatan masyarakat Bali mulai pulih,” ungkapnya.

Selain itu, Puan juga mengingatkan pentingnya diversifikasi sumber pertumbuhan ekonomi bagi Bali. Karena itu, dia berharap pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Bali memfasilitasi penguatan sumber-sumber baru pertumbuhan ekonomi di Pulau Dewata tersebut dan terus bersinergi dengan pusat.

“Saya tahu masyarakat Bali begitu kreatif, pasti bisa menemukan sumber-sumber baru pertumbuhan ekonomi selain bidang pariwisata. Apakah itu di bidang digital atau bidang-bidang lainnya,” ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN