Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Kontinuitas Kegiatan Hari Bebas Kendaraan

Gora Kunjana, Selasa, 13 Maret 2018 | 07:26 WIB

Dalam derap pembangunan perkotaan, suatu kewajaran jika masyarakatnya kian mendambakan ruang terbuka untuk beraktivitas, khususnya olahraga, yang bahkan bebas polusi. Pemberlakuan hari bebas kendaraan bermotor di ruas jalan di sejumlah kota bisa menjadi oasis bagi masyarakat di tengah suasana yang semrawut atau acap didera kemacetan dengan pekatnya polusi.

 

Maka, pelaksanaan hari bebas kendaraan bermotor pada kawasan tertentu di Jakarta atau di kota-kota penyangganya, layak untuk diteruskan dan dijalankan secara kontinu. Hal itu supaya tersedia ruang terbuka publik untuk berbagai aktivitas warga, termasuk berolahraga yang bebas atau minim polusi udara. Masyarakat sangat butuh ruang terbuka untuk beraktivitas, khususnya olahraga, agar tambah sehat dan bugar.

 

Di sisi lain, kegiatan ini juga sekaligus untuk menurunkan kadar gas buangan kendaraan bermotor. Deru mesin dari puluhan ribu kendaraan tak terjadi di sejumlah ruas jalan tertentu sehari dalam seminggu, serta menurunkan tingkat pencemaran lingkungan di Jakarta.

 

Kita selayaknya juga berkomitmen mewujudkan kualitas udara di kota-kota agar bebas polusi. Apalagi, salah satu sumber penyebab pencemaran udara berasal dari polusi yang ditimbulkan oleh gas buangan kendaraan bermotor dalam bentuk karbon monoksida dan hidrokarbon. Sudah banyak yang tahu bahwa kondisi pencemaran ini dapat mengancam kesehatan warga kota.

 

Selain itu, kontinuitas pelaksanaan hari bebas kendaraan bermotor pada praktiknya juga ikut menumbuhkan ekonomi masyarakat, yang menciptakan lapangan kerja yang baru. Namun, pelaksanaanny harus diawasi dan dijaga ketertibannya. Jangan sampai kegiatan bebas kendaraan bermotor itu justru beralih menjadi pasar kaget yang kumuh.

 

Sandi Yoga

Jakarta

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA