Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

KPK Dorong Instansi Terapkan Zona Bebas Korupsi

Antara, Kamis, 9 Februari 2012 | 17:37 WIB

JAKARTA - Penasehat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Said Zainal Abidin mengatakan KPK mendorong seluruh instansi pemerintah untuk menerapkan zona integritas wilayah bebas korupsi.

"KPK mengajak dan mendorong instansi-instansi untuk mengimplementasikan zona integritas wilayah bebas korupsi," katanya seusai menyaksikan penandatanganan zona integritas wilayah bebas korupsi di Kantor Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) di Jakarta, Kamis.

Said menjelaskan, pelaku birokrasi merupakan pemeran utama dalam pencegahan tindak pidana korupsi. "Pelaku birokrasi harus ikut dalam upaya pencegahan tindak pidana korupsi salah satunya dengan meningkatkan kualitas kelembagaan dan penguatan komitmen antikorupsi," katanya.

Dia juga menambahkan, ada berbagai program kerja yang telah dikembangkan KPK dalam mencegah korupsi di antaranya mendorong penerapan zona integritas dan kontrak kinerja.

"Dengan upaya ini diharapkan ada komitmen yang menjamin kinerja birokrasi yang baik dan bersih," katanya.

BKKBN sendiri telah mendeklarasikan zona integritas wilayah bebas korupsi. Kepala BKKBN Sugiri Syarief menjelaskan deklarasi dilakukan untuk lebih memperkuat komitmen BKKBN dalam menciptakan iklim birokrasi yang bebas dari korupsi.

Menurutnya, dengan adanya deklarasi zona integritas wilayah bebas dari korupsi maka diharapkan tidak ada lagi individu di jajaran BKKBN yang melakukan tindak pidana tersebut.

Dia mencontohkan, BKKBN telah mengimplementasikan pengadaan barang melalui layanan pengadaan secara elektronik (LPSE).

"BKKBN juga sudah melakukan penerimaan pegawai melalui IT dengan website BKKBN dan hal ini akan terus dilanjutkan secara bertahap ini menunjukkan komitmen untuk bebas dari korupsi atau mempersulit terjadinya KKN," katanya. (gor/ant)

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA