Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Sosial Tri Rismaharini memantau langsung penyaluran bantuan sosial di Kota Solo.

Menteri Sosial Tri Rismaharini memantau langsung penyaluran bantuan sosial di Kota Solo.

Kunjungi Solo, Mensos Risma Pastikan Bansos Diterima KPM

Kamis, 22 Juli 2021 | 13:43 WIB
Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

SOLO, investor.id - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (Risma) memantau langsung penyaluran bantuan sosial (bansos) di Kampung Baru, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Senin, 19 Juli 2021.

Bansos yang dibagikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) berupa bansos tunai (BST), program keluarga harapan (PKH), dan Kartu Sembako. 

Risma mendatangi Kampung Baru secara mendadak. Risma ingin memastikan seluruh bansos tersalurkan tepat sasaran dan langsung diterima para KPM.

Kedatangannya secara mendadak juga bertujuan untuk menghindari terjadinya kerumunan. Penerapan protokol kesehatan pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) harus dilaksanakan secara ketat. 

Pada kesempatan itu, Risma juga memantau penyaluran beras dari Perum Bulog. Seperti diketahui, penyaluran bansos saat ini disertai tambahan beras 10 kilogram dari Bulog. 
Risma juga berkesempatan untuk membagikan beras tersebut kepada KPM. Selain itu, Risma juga berkesempatan untuk membagikan uang senilai Rp500 ribu. 

"Bansos ini merupakan bagian penting, terutama saat PPKM darurat seperti sekarang ini," kata Mantan Wali Kota Surabaya itu sebagaimana keterangan tertulis yang diterima redaksi, Kamis (22/7/2021). 

Selain BST, Mensos Risma juga meninjau penyaluran pangan non tunai, program sembako, serta PKH. “Sebagian besar bantuan sudah tersalurkan,” tutur Risma.

Sebagai catatan, tahun ini Kementerian Sosial akan menyalurkan BST melalui PT Pos Indonesia dengan target 10 juta KPM. Penyaluran dilakukan secara bertahap. 

Penyaluran BST dilakukan di tengah situasi PPKM Darurat di Pulau Jawa dan Bali. Menyadari keterbatasan mobilitas masyarakat, Pos Indonesia menyalurkan BST secara door to door (mendatangi langsung ke rumah) KPM. Cara ini juga untuk mencegah kerumunan saat pembagian BST.

Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN